Suhu Udara Riau Mulai Normal

id suhu udara, riau mulai normal

Suhu Udara Riau Mulai Normal

Pekanbaru, (antarariau.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprakirakan suhu udara di Provinsi Riau berlahan mulai normal setelah sebelumnya sempat ekstrem hingga mencapai 36,6 derajat celsius.

"Berlahan mulai normal, kalau sebelumnya pada Senin (15/4) berada pada 36,6 derajat, dan pada Selasa (16/4) 36,0 derajat, pada Rabu (17/4) suhu udara Riau berada di 35,6 derajat celsius," kata Analis BMKG Stasiun Pekanbaru Yudhistira Mawaddah kepada Antara di Pekanbaru, Jumat.

Kemudian pada Kamis (18/4), demikian Yudhis, suhu udara maksimum di Riau kembali menurun menjadi 34,5 derajat celsius.

Kondisi tersebut menurut dia disebabkan daerah tekanan rendah yang sempat terbentuk di tiga lokasi berdekatan dengan Pulau Sumatra berlahan mulai menghilang.

"Saat ini untuk daerah tekanan rendah, hanya tinggal yang di wilayah sebelah barat Sumatra," kata Yudhis.

Sementara dua daerah tekanan rendah lainnya, demikian Yudhis, baik yang berada di daerah Laut Cina Selatan dan wilayah Selatan Pulau Jawa berlahan mulai menghilang dan tidak lagi memberi dampak kekeringan untuk sebagian Sumatra termasuk Riau.

Namun untuk satu hingga dua hari kedepan, kata Yudhis, sebagian besar wilayah Riau masih akan minim hujan mengingat normalisasi awan yang belum begitu maksimal.

Dari hasil monitoring citra satelit awan, analisa streamline dan kondisi isis serta dinamis udara, kata dia, pada umumnya cuaca untuk wilayah Riau hari ini hingga beberapa hari kedepan cerah hingga berawan.

Peluang hujan dengan intensitas ringan menurut dia hanya bersifat lokal berpotensi terjadi di wilayah Riau bagian tengah, pesisir timur dan selatan.

Seperti Kabupaten Kampar, Pelalawan, Meranti, Bengkalis, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir serta Kota Pekanbaru, katanya.

Kondisi cuaca yang normal menurut Yudhis, diprakirakan baru akan terjadi di dua hari kedepan dimana curah hujan di sebagian besar Riau mulai cukup tinggi.

"Namun hal itu bisa kembali berubah jika kembali terjadi gangguan seperti pembentukan daerah tekanan rendah yang menyebabkan awan-awan penghujan tertarik ke pusat gangguan," katanya.

Pantauan cuaca secara kasat mata di Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru, kondisi mendung mulai terlihat menutupi langit di sebagian besar kawasan kota ini.

Kondisi demikian berbeda dengan beberapa hari sebelumnya dimana panas di atas normal sempat membuat kebanyakan warga merasa terganggu hingga tidak bisa beraktifitas secara normal. ***4*** (T.KR-FZR)