Atalanta gergaji Napoli untuk kembali ke puncak

id liga italia,atalanta,napoli,remo freuler,merih demiral,rusln malinovsyi,piotr zielinski,dries mertens

Atalanta gergaji Napoli untuk kembali ke puncak

Gelandang Atalanta Remo Freuler (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Napoli dalam laga lanjutan Liga Italia di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli, Italia, Sabtu (4/12/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Ciro de Luca)

Jakarta (ANTARA) - Kesebelasan Atalanta mencegat upaya Napoli kembali ke puncak klasemen Liga Italia setelah meraih kemenangan 3-2 atas lawannya itu dalam laga pekan ke-16 di Stadion Diego Armando Maradona, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Tertinggal lebih dulu akibat gol Ruslan Malinovskyi, Napoli sempat bangkit membalikkan keadaan melalui gol-gol Piotr Zielinski dan Dries Mertens.

Namun, tim besutan Luciano Spalletti gagal menjaga keunggulan dan gawang mereka dijebol lagi oleh Merih Demiral serta Remo Freuler yang memastikan Atalanta membawa pulang tiga poin penuh.

Akibat hasil tersebut, Napoli tertahan di posisi ketiga dengan 36 poin setelah disalip AC Milan (38) dan Inter Milan (37) yang kompak menang di pertandingan lebih awal.

Sementara Atalanta, yang membukukan kemenangan kelima beruntun, berada di peringkat keempat dan kini hanya berjarak dua poin dari Napoli, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Tujuh menit pertandingan berjalan, gawang Napoli sudah kebobolan setelah Malinovskyi menyambut umpan sodoran Duvan Zapata dengan tembakan akurat dari luar kotak penalti.

Pertandingan selanjutnya berlangsung terbuka, tapi Napoli lah yang bisa memanfaatkan serangan mereka untuk menyamakan kedudukan lima menit jelang turun minum lewat tembakan Ziolinski yang menyambar bola muntah hasil percobaan pertamanya.

Dua menit selepas turun minum, Napoli berbalik memimpin saat terobosan Kevin Malcuit membelah pertahanan tim tamu dan Mertens menyelesaikannya untuk memperdaya kiper Juan Musso di area tiang dekat.

Atalanta berusaha langsung memberi jawaban, tetapi sayang bola tandukan Zapata menyambut umpan silang Joakim Maehle masih ditolak oleh tiang gawang.

Jibaku Atalanta akhirnya membuahkan hasil saat Demiral menerima umpan terobosan dari Rafael Toloi sebelum menaklukkan kiper David Ospina dengan tembakan sudut sempit demi membuat kedudukan imbang 2-2 pada menit ke-66.

Gol itu seperti menurunkan moral lini belakang tuan rumah yang lima menit kemudian gagal menghentikan pergerakan Freuler yang membawa Atalanta kembali berbalik unggul seusai melepaskan tembakan kaki kiri untuk menyelesaikan umpan Josip Ilicic.

Atalanta cermat menjaga penguasaan bola dan menebalkan pertahanan mereka, membuat Napoli kesulitan mencari peluang untuk bisa mencetak gol balasan lagi hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Di pertandingan selanjutnya pada Minggu (12/12) pekan depan, Napoli akan kembali main di kandang menghadapi Empoli, sedangkan Atalanta bertandang ke Marc'Antonio Bentegodi melawan Verona.

Sebelum itu, pada Rabu (7/12), Atalanta bakal berusaha meloloskan diri ke babak 16 besar Liga Champions saat menjamu Villarrel, sehari kemudian Napoli juga berjuang lolos ke babak gugur Liga Europa kala menyambut kedatangan Leicester City.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021