Temui Dirut HK, Gubri bahas perkembangan pembangunan Tol Riau

id Tol riau, gubri, tol pekanbaru

Temui Dirut HK, Gubri bahas perkembangan pembangunan Tol Riau

Proses pertemuan Gubri Syamsuat dengan Dirut Hutama Karya. (ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur RiauSyamsuar menemui langsung Direktur Utama PTHutama Karya (Persero) Budi Harto di Gedung HK, Jakarta Timur, Rabu (24/11).

Dalam pertemuan itu, Gubri membahas sejumlah persoalan terkait pembangunan tol di Riau, terutama ruas tol Pekanbaru - Bukittinggi yang melintasi kawasan Rimbo Panjang, mulai dari masalah pembebasan lahan hingga Sutet dan termasuk salah satu pondok pesantren yang sebelumnya masuk dalam jalur pembangunan tol.

"Alhamdulillah persoalan-persoalan itu sudah ada jalan keluarnya. Misalnya soal Sutet, sudah ada alternatif lain yang tidak mengganggu. Begitu juga pesantren, sudah dibuatkan trase baru oleh HK sehingga tidak mengganggu bangunan pesantren tersebut," ucap Gubri usai pertemuan.

Gubri juga menjelaskan ruas tol Pekanbaru-Bangkinang yang semula dijadwalkan rampung akhir 2021 ini, kemungkinan baru selesai dan operasional pada Februari 2022.

"Ya mungkin karena beberapa persoalan teknis. Jadi sedikit agak tertunda. Oleh sebab itu, kita bersama-sama mencari solusi agar pembangunan tol di beberapa ruas di Riau ini segera terealisasi," ucap Gubri lagi.

Gubri juga berharap pada 2022 pembangunan tol ruas Pekanbaru-Bukittinggi sudah sampai di kawasan Candi Muara Takussehingga memudahkan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi bersejarah itu.

"Nantinya akan lebih mudah bagi orang untuk wisata ke Candi Muara Takus," ucapnya.

Seperti diketahui, pembangunan jalan tol di Riau akan menjadi tol terpanjang di Indonesia. Diperkirakan mencapai 638 km, antara lain ruas Jambi-Rengat 82 km (perencanaan), Rengat-Pekanbaru 207 km (perencanaan), Pekanbaru-Dumai 131 km (operasional), Dumai-Rantauprapat 130 km (perencanaan), Pekanbaru-Bukit Tinggi 64 km (konstruksi) dan 24 km (perencanaan).

Saat menerima Gubri, Dirut Budi Harto didampingi sejumlah direksi, seperti Koentjoro Direktur Operasi III, Muhammad Fauzan Direktur Human Capital and Legal dan beberapa pejabat lainnya.

Sementara Gubri Syamsuar didampingi Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau Emri Juliharnis dan Kaban Penghubung Erisman Yahya. (adv)

Baca juga: Pastikan bermanfaat, Wamenkeu tinjau Tol Pekanbaru-Dumai

Baca juga: 86 kecelakaan dan 11 tewas di Tol Pekanbaru


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021