Jalan Bukittinggi-Padang via Malalak longsor, tak bisa dilewati

id longsor,longsor sumbar

Jalan Bukittinggi-Padang via Malalak longsor, tak bisa dilewati

Longsor menimbun jalan di Malalak, Sumbar. (ANTARA/HO)

Lubuk Basung (ANTARA) - Jalan alternatif yang menghubungkan Kota Bukittinggi menuju Padang di Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat tertimbun tanah longsor sepanjang 15 meter dan tinggi dua meter akibat curah hujan tinggi, Sabtu (18/4) sekitar pukul 15.00 WIB.

"Kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melewati daerah itu, akibat material tanah menimbun badan jalan setinggi dua meter dan panjang 15 meter," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Muhammad Lutfi Ar di Lubukbasung, Sabtu.

Ia mengatakan material tanah longsor cukup banyak sehingga untuk membersihkannya membutuhkan alat berat dan mesin penerang.

Untuk itu, tambahnya, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan camat setempat dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sumbar.

"Kita telah melakukan koordinasi agar DPUTR mengerahkan alat berat, agar tanah longsor bisa dibersihkan sehingga arus lalulintas kembali normal," katanya.

Ia mengatakan tanah longsor itu terjadi akibat curah hujan cukup tinggi melanda daerah itu semenjak Sabtu siang. Daerah itu merupakan rawan tanah longsor apabila curah hujan tinggi melanda daerah tersebut.

Sebelumnya, tanah longsor juga melanda daerah sepanjang 10 meter dan tinggi empat meter pada Minggu (5/4) dini hari.

Dengan kondisi itu, Lutfi mengimbau pengguna jalan dan masyarakat yang hendak melewati daerah itu meningkatkan kewaspadaan dan segera berhenti apabila hujan.

Baca juga: Longsor di Nagari Pianggu Kabupaten Solok, Sumatera Barat sempat memutus jalan Lintas Sumatera

Baca juga: Jalan longsor di Harau Limapuluh Kota telah dapat dilalui kembali