Perlu Puluhan Miliar Kembangkan Pulau Jemur

id perlu puluhan, miliar kembangkan, pulau jemur

Rokan Hilir, 3/12 (ANTARA) - Bupati Kabupaten Rokan Hilir, Riau, H Annas Maamun mengatakan, diperlukan dana puluhan miliar rupiah untuk mengembangkan potensi Pulau Jemur sebagai pulau wisata.

Hal tersebut dikatakan Annas di Rokan Hilir, Riau, Jumat, mengingat belum adanya infrastruktur yang memadai di pulau yang berada di wilayahnya itu.

"Saat ini perhatian pemerintah pusat terhadap keberadaan Pulau Jemur yang memiliki potensi wisata sudah cukup baik. Namun akan lebih baik lagi kalau segera ditindaklanjuti dengan memberikan dana besar untuk pembangunannya," kata Annas yang dihubungi ANTARA dari Kota Dumai.

Menurutnya, selama ini yang memiliki kepedulian terhadap Pulau Jemur adalah Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

"Wujud kepedulian itu bukan hanya dalam menjaga kondisi pulau, tapi juga dengan merencanakan pembangunan sarana dan prasarana. Salah satunya, pembangunan kantor kepenghuluan di sana," ungkapnya.

Selain itu, tuturnya, Pemerintah Rokan Hilir juga akan membangun 20 rumah layak huni yang nantinya akan dihuni oleh sejumlah penjaga pulau dan masyarakat di sana.

"Kita juga masih banyak lagi perencanaan lainnya. Hal ini diharapkan nantinya dapat membuat Pulau Jemur lebih baik sehingga layak untuk menjadi tempat pariwisata," terangnya.

Di lain sisi Annas berpandangan, kepedulian pemerintah pusat setidaknya memberikan semangat tersendiri bagi daerah.

"Memang bantuan pusat itu hanya berwujudkan perhatian, dan kalau pun ada anggaran itu pun tidak seberapa. Namun, hal ini sudah menjadi keuntungan tersendiri bagi Pemkab Rokan Hilir. Salah satunya kita tidak lagi sibuk-sibuk menjemput bola ke pusat untuk kepentingan Pulau Jemur," terangnya.

Menurutnya, secara global Pulau Jemur memiliki panorama alam yang sangat eksotis. Namun, untuk mengembangkannya sebagai objek wisata yang menjanjikan, perlu anggaran besar.

Untuk itu, ia mengaku akan berupaya mencari para investor yang ingin menanamkan modal di Rokan Hilir.

"Kita berharap rencana untuk mewujudkan Pulau Jemur sebagai pulau wisata dapat terwujud karena selain menjadi nilai tambah, juga dapat menambah pemasukan daerah," ringkasnya.