PSSI Riau Segera Gelar Liga Pelajar U-16

id pssi riau, segera gelar, liga pelajar u-16

Pekanbaru (Antarariau.com) - Asosiasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Provinsi Riau menggulirkan Liga Sepak Bola Pelajar U-16 pada April 2017.

"Kami sudah terbitkan rekomendasi serta menginstruksikan seluruh asiosiasi di kabupaten dan kota untuk mendukung pelaksanaan Liga Pelajar U-16 di daerah masing-masing," kata Sekretaris Jenderal Asprov PSSI Riau Zulfahmi Adrian dikonfirmasi Antara di Pekanbaru, Jumat.

Liga Pelajar U-16 merupakan kejuaraan sepak bola usia muda yang diprakrarsai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kejuaraan ini sukses dilakukan pada 2016 dengan melibatkan puluhan ribu pelajar dari 34 provinsi.

Zulfahmi mengatakan dengan kembali diselenggarakannya Liga Pelajar U-16 diharapkan dapat memunculkan bibit-bibit potensial pesepak bola belia dari pelosok Provinsi Riau.

Rencananya, Liga Pelajar U-16 akan diselenggarakan pada April 2017 di masing-masing kabupaten dan kota di Riau. Selanjutnya, kesebelasan terbaik dari masing-masing kabupaten/kota pada Juli 2017 akan bertanding di tingkat provinsi di Kota Pekanbaru.

"Pemenang dari tingkat provinsi akan mewakili Riau ke ajang Liga Pelajar Nasional pada September 2017," jelasnya.

Selain berpeluang mewakili Riau ke ajang Liga Pelajar U-16 tingkat nasional, pemenang di tingkat provinsi juga beperluang merebut Piala Gubernur Riau.

Sementara itu, Zulfahmi yang juga menjabat sebagai Kepala Satpol Pamong Praja Kota Pekanbaru tersebut mengatakan peserta yang diperbolehkan mengikuti kegiatan ini adalah pelajar kelahiran 1 Januari 2002 - 31 Desember 2003.

Selanjutnya peserta yang berhak mengikuti liga pelajar adalah sekolah dan akademi sepak bola, klub, tim bentukan sekolah formal dan nonformal, serta tim bentukan desa atau kelurahan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau Doni Aprialdi mengapresiasi penyelenggaraan Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2017 di Provinsi Riau.

"Liga pelajar U16 ini jelas terprogram secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, AFF, AFC hingga FIFA, tentunya kami atas nama Pemprov sangat mendukungnya," kata Doni.

Selain itu, ia juga mendukung rencana keberadaan Piala Bergilir Gubernur Riau sebagai supremasi juara di seri provinsi.

"Kalau di putaran nasional akan memperebutkan Piala Menpora, di putaran provinsi kami siapkan Piala Gubernur Riau, supaya lebih semarak saya akan infokan ke kabupaten/kota agar juga disiapkan Piala Bupati atau Wali Kota," jelasnya.

Pewarta :
Editor: Anggi Romadhoni
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar