Luas Lahan Sagu meningkat Setiap Tahun

id luas lahan, sagu meningkat, setiap tahun

Luas Lahan Sagu meningkat Setiap Tahun

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir mengatakan luas lahan perkebunan Sagu setiap tahunnya terus meningkat dan untuk komoditas tanaman sagu kali ini diambil dari jenis sagu yang tidak berduri.

Sebagai daerah pemilik lahan perkebunan sagu yang luasnya mencapai 17.969 hektare dan tersebar di beberapa kecamatan, Disbun mulai melirik potensi sagu sebagai komoditas unggulan.

"Hal ini dilakukan dalam rangka mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi serta mewujudkan taraf hidup petani Inhil agar lebih baik," kata Sekretaris Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir Ramdani di Tembilahan, Senin.

Ia menjelaskan tanaman perkebunan utama di Indragiri Hilir adalah kelapa namun Disbun Inhil tetap tidak mengabaikan potensi lain yang ada di Inhil.

"Kelapa dalam atau kelapa lokal merupakan komoditas utama dan Indragiri Hilir merupakan salah satu produsen kelapa terbesar di dunia," ujarnya.

Ia memaparkan beberapa olahan dari turunan kelapa ini diantaranya ialah sirup, kecap, nata decoco, arang, dan asap cair serta kopra.

Selain itu, masyarakat di Indragiri Hilir juga mampu membuat beragam perlengkapan furniture atau mebel yang berbahan baku dari pohon kelapa, misalnya saja seperti kursi, meja dan berbagai keragaman kerajinan tangan.

"Dengan begitu, tentu nilai ekonomis dari kelapa ini dapat lebih dikembangkan dan ditingkatkan, yang secara tidak langsung juga menambah pendapatan masyarakat," katanya.

(ADV)