Nurbit : Tingkatkan Prestasi MTQ, Perlu Peremajaan Hakim

id nurbit, tingkatkan, prestasi mtq, perlu peremajaan hakim

Bangkinang Kota, (Antarariau.com) - Asisten Ekonomi Pemdakab Kampar, H Nurbit meminta agar ada peremajaan Dewan Hakim untuk meningkatkan prestasi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang belakangan terus menurun.

"Kerisauan kita bersama adalah penurunan ranking dalam perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau, selama ini peningkatan kualitas prestasi MTQ Kabupaten Kampar cenderung terus menurun," kata Nurbit membuka Pelatihan Peningkatan Keterampilan dan Profesionalisme Dewan Hakim MTQ Kabupaten Kampar di Hotel Bangkinang Baru, Bangkinang Kota.

Dia sampaikan, dengan adanya kegiatan ini dapat melahirkan sumbang saran pemikiran yang ahli dibidangnya kepada pemerintah daerah untuk melahirkan saran yang baik demi kemajuan prestasi.

"Dewan hakim, peserta merupakan elemen yang tidak terpisahkan, hendaknya Dewan Hakim perlu peremajaan, karena masih masih banyak dewan hakim yang berusia lanjut dan masih aktif, diharapkan pelatihan ini mampu melahirkan dewan Hakim yang lebih muda dan memiliki pengalaman dibidangnya," ujarnya.

Nurbit mengatakan keadaan prestasi Kabupaten Kampar saat ini sangat memprihatinkan, peraturan Daerah yang mendukung untuk peningkatan prestasi seperti, peraturan Daerah Maghrib Mengaji dan peraturan lainnya telah ada maka harus ada upaya secara sistematis dan berani berdasarkan kaidah mengambil keputusan atau langkah baru demi terwujudnya prestasi Kabupaten Kampar yang lebih baik.

"Kalau masih ada celah-celah lemah dalam peningkatan prestasi MTQ, mari kita bersama membenahi celah tersebut, maka melalui pelatihan ini diharapkan mampu melahirkan Dewan Hakim yang memiliki kemampuan, Kapabilitas dan berkualitas serta mampu memberikan penilaian secara profesional pada setiap pelaksanaan MTQ.

Nurbit menegaskan Qori dan Qoriah yang dilahirkan tidak terlepas dari peran serta pembinaan oleh dewan hakim.

Kepala Bagian Kesra Al Kautsar mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini, selain untuk memberikan penilaian yang transparan dan profesional juga sebagai syarat dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan dewan hakim pada perhelatan MTQ tingkat Kabupaten Kampar, tahun ini diikuti 25 peserta dari 21 kecamatan.

"Pelaksanaan pelatihan itu dimulai 8- 14 Mei menghadirkan tenaga pengajar satu orang dari LPTQ nasional, lima orang LPTQ Provinsi Riau dan satu orang dari Kabupaten Kampar," terangnya.

(ADV)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2016