Calon Haji Dumai Dinyatakan Lolos Tes Kesehatan

id , calon haji, dumai dinyatakan, lolos tes kesehatan

  Calon Haji Dumai Dinyatakan Lolos Tes Kesehatan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Kota Dumai Provinsi Riau menilai seluruh calon jemaah haji yang sudah menjalani tes medis dinyatakan lolos kesehatan dan layak untuk menunaikan ibadah haji.

"Semua calon haji yang sudah mengikuti tes medis dinyatakan sehat dan tidak ada masalah dengan kesehatan," kata Kepala Dinkes Dumai, Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai H. Paisal SKM, MARS, Rabu.

Dalam pelaksanaan tes medis Ahad 7 Juni kemarin, Dinkes juga telah memberikan suntik vaksin meningitis bagi calon peserta haji 2015 ini untuk kekebalan daya tahan tubuh.

Meski diakui ada beberapa orang calon jemaah berusia di atas paruh baya mengalami sakit ringan seperti flu dan batuk, namun kondisi itu dianggap tidak menjadi kendala untuk beribadah haji karena sudah diobati.

"Insya Allah semuanya siap secara fisik dan mampu untuk menempuh perjalanan jauh ke tanah suci mekkah menunaikan ibadah haji," sebut Paisa.

Tes kesehatan dan vaksin meningitis calon haji yang digelar bekerjasama dengan Kementrian Agama setempat ini melibatkan sebanyak 20 petugas medis perawat dan dibantu dokter di Puskesmas Kecamatan Dumai Kota.

Dinkes kembali akan melakukan tes kesehatan calon jemaah ketika berada di Embarkasi Batam Provinsi Kepulauan Riau untuk memastikan tidak ada yang sakit dan dan tengah hamil.

"Kami ingatkan calon haji untuk menjaga kesehatan dan konsumsi makanan sehat bergizi supaya siap dan tidak ada kendala kesehatan saat berangkat nanti," ungkapnya.

Dia menambahkan, saat pelaksanaan tes medis kemarin, masih ada sejumlah calon jemaah yang tidak hadir karena alasan tengah berada di luar kota untuk keperluan pekerjaan.

Namun hal ini tidak dianggap menjadi persoalan karena Dinkes akan menjadwalkan tes ulang bagi yang belum diperiksa dan disuntik vaksin meningitis dengan pelaksanaan di Puskesmas Kecamatan Dumai Kota.

"Tes medis adalah syarat penting calon jemaah sebelum memulai keberangkatan, karena itu bagi yang belum akan kita rampungkan pemeriksaan dan suntik vaksin sesuai jadwal," terangnya.

Diketahui, Kemenag Dumai saat ini telah membuka tahap pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) sejak 1 Juni hingga 30 Juni 2015 mendatang.