Ayo Ikut!! Bursa Efek Riau Garap Segmen Anak Muda

id ayo ikut, bursa efek, riau garap, segmen anak muda

Ayo Ikut!! Bursa Efek Riau Garap Segmen Anak Muda

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Bursa Efek Riau menggarap segmen anak muda kalangan mahasiswa dan pelajar untuk menjadi investor di pasar modal dengan memberikan pendidikan serta membentuk galeri investasi maupun galeri edukasi.

Kepala Perwakilan Bursa Efek Riau Emon Sulaeman menyatakan, untuk anak muda ada dua segmen yang yang dijadikan pasar yakni mahasiswa dengan membentuk galeri investasi kerjasama dari tiga pihak yakni Bursa Efek Indonesia, kampus dan broker.

"Kita berharap Galeri Investasi yang terbentuk bisa mandiri tidak lagi bergantung pada anggaran kampus serta bisa menghidupi diri sendiri. Mahasiswa sudah bisa langsung praktek menjadi seorang investor dan galeri ini menjadi tempat berkumpulnya investor dari kalangan mahasiswa," katanya di Pekanbaru, Selasa.

Pihaknya memberikan edukasi pada mahasiswa dibantu oleh bimbingan dosen yang telah bekerjasama dengan Bursa Efek Riau. Jadi ilmu yang didapat pada masa perkuliahan bisa dipraktekkan.

"Ibarat berenang, kita siapkan kolam, kita ajari cara berenang jadi ketika terjun ke masyarakat mereka sudah memahami dan bisa menjadi investor pasar modal," ujarnya.

Menurutnya, galeri investasi ini nantinya akan ada di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Qasim (UIN SUSQO) Fakultas Ekonomi dan Politeknik Caltex, menyusul setelah itu di Universitas Riau yang kini tengah dalam proses pembuatan nota kesepahaman.

Ia menjelaskan, target investor dari mahasiswa untuk 2014 sekitar 500 investor, hingga Juli telah tercapai 200 investor. Angka ini diprediksi akan bertambah dengan adanya mahasiswa baru pada September 2014.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, segmen anak muda yang kedua adalah pelajar SMA/MA. Bursa Efek Riau memberikan edukasi pada pelajar yang melakukan kunjungan bersama pihak sekolah. Selain itu nantinya akan dibuat galeri edukasi, turunan dari galeri investasi yang ada di kampus.

"Kita nantinya akan membentuk galeri edukasi dengan harapan kampus punya sekolah bimbingan dengan membentuk galeri edukasi pasar modal. Jadi ini seperti sekolah asuh. Tidak hanya kami yang melakukan edukasi, tapi mahasiswa yang aktif di galeri investasi juga bisa melakukan hal yang sama untuk berbagi dengan siswa SMA serta mengasah kemampuan berbicara di depan umum," ungkapnya