Pahlawan Jerman di Piala Dunia 1990 Andreas Brehme wafat

id timnas jerman,piala dunia 1990,andreas brehme,tutup usia

Pahlawan Jerman di Piala Dunia 1990 Andreas Brehme wafat

(Arsip) - Mantan pemain sepak bola timnas Jerman Andreas Brehme memegang trofinya saat ia menghadiri pembukaan gala pembukaan untuk penghargaan pemain terbaik Jerman di Museum Sepak bola JErman, Dortmund, 1 April 2019. (ANTARA/AFP/INA FASSBENDER)

Jakarta (ANTARA) - Pahlawan Jerman di Piala Dunia 1990, Andreas Brehme, yang mencetak gol melalui eksekusi penalti untuk memastikan Jerman Barat mengalahkan Argentina pada final Piala Dunia 1990, tutup usia pada Selasa dini hari, demikian diumumkan mantan klubnya Bayern Munich.

Brehme meninggal dunia pada usia 63 tahun.

“FC Bayern sangat terkejut dengan Andreas Brehme yang meninggal mendadak. Kami akan selalu menyimpan Andreas Brehme di hati kami.Sebagai juara dunia dan orang yang sangat istimewa,” demikian pernyataan Bayern seperti dikutip AFP.

Sebagai bek kiri serba bisa, Brehme menghabiskan dua musim bersama Bayern Munich antara 1986 sampai 1988.

Selama berkarier profesional, ia sempat bermain untuk Saarbruecken, Kaiserslautern, Inter Milan, dan Real Zaragoza.

Ia bermain sebanyak 86 kali untuk negaranya, dengan koleksi delapan gol. Gol Brehme yang paling dikenang adalah penaltinya pada menit ke-85 saat Jerman Barat menghadapi Argentina di Stadion Olympic, Roma, untuk membawa negaranya menjuarai Piala Dunia untuk ketiga kalinya.