Madrid menangi Piala Dunia antar klub kelima kalinya

id piala dunia antar klub,real madrid,al hilal

Madrid menangi Piala Dunia antar klub kelima kalinya

Para pemain Real Madrid melakukan selebrasi setelah memenangi pertandingan final Piala dunia antar klub 2022 melawan Al Hilal yang dimainkan di Stadion Pangeran Moulay Abdellah, Rabat, Maroko, Minggu (12/2/2023). Madrid mengalahkan klub asal Arab Saudi itu dengan skor 5-3 untuk merebut trofi Piala Dunia Klub untuk kelima kalinya. (ANTARA/AFP/FADEL SENNA)(AFP/FADEL SENNA)

Jakarta (ANTARA) - Los Galacticos Real Madrid memenangi Piala Dunia antar klub untuk kelima kalinya setelah memukul wakil Asia Al Hilal dengan kemenangan 5-3 pada pertandingan final yang dimainkan di Stadion Pangeran Moulay Abdellah, Rabat, Maroko, Minggu dini hari WIB.

Keberhasilan Real menjuarai Piala Dunia antarklub juga sekaligus menjadi kesuksesan kedua mereka memenangi trofi pada musim ini. Sebelumnya pada Agustus silam, pasukan Carlo Ancelotti telah mengangkat trofi Piala Super Eropa.

Sang juara Eropa Real membuka keunggulan saat pertandingan baru berlangsung 13 menit. Pergerakan mulus para pemain Real yang melibatkan Karim Benzema, ditutup dengan penyelesaian Vinicius Jr yang sepakan mendatarnya tidak dapat dihentikan kiper Abdullah Al Muaiouf.

Hanya berselang lima menit, atau pada menit ke-13, Los Blancos menggandakan keunggulan mereka. Kali ini Federico Valverde yang mencatatkan namanya di papan skor melalui sepakan mendatar dari tepi kotak penalti Al Hilal.

Klub Arab Saudi Al Hilal tidak mau menyerah tanpa perlawanan. Mereka mengemas gol balasan pada menit ke-26, melalui keberhasilan Moussa Marega mematahkan perangkap offside Real, dan dengan tenang mengeksekusi umpan Mohammed Kanno. Gol Marega sekaligus menjadi gol terakhir yang tercipta pada babak pertama.

Selanjutnya, Real merestorasi keunggulan dua gol mereka pada menit ke-54.

Kapten Benzema yang sempat membuang peluang bagus pada babak pertama kali ini tidak melakukan kesalahan. Ia berhasil mengonversi umpan Vinicius untuk menjadi gol ketiga tim Spanyol.

Penyerang Uruguay Valverde kemudian mengukir gol keduanya dan memperbesar keunggulan Real pada menit ke-58. Bola sodoran Dani Carvajal diteruskan dengan sepakan dari jarak dekat untuk membobol gawang Al Mouaiouf.

Memasuki menit ke-63, Al Hilal memperkecil ketertinggalannya ketika umpan terobosan Saud Abdulhamid dapat diteruskan dengan sempurna oleh pemain Argentina Luciano Vietto, untuk masuk ke sudut bawah gawang Real yang dikawal Andriy Lunin.

Real lantas menghancurkan asa Al Hilal untuk dapat mengejar ketertinggalan.

Vinicius mencatatkan gol keduanya pada laga tersebut pada menit ke-69 setelah mendapatkan umpan terukur dari Dani Ceballos.

Vietto juga mengukir gol keduanya pada menit ke-79. Mendapat bola kiriman pemain pengganti Michael, Vietto dapat mengonversinya menjadi gol balasan bagi Al Hilal sekaligus gol terakhir yang tercipta pada laga tersebut untuk memastikan Real menang dengan skor 5-3.

Daftar susunan pemain:

Real Madrid: Andriy Lunin, Dani Carvajal (Jesus Vallejo 79'), Antonio Rudiger, David Alaba, Eduardo Camavinga, Luka Modric (Nacho Fernandez 74'), Aurelien Tchouameni (Dani Ceballos 62'), Toni Kroos (Marco Asensio 74'), Federico Valverde, Karim Benzema (Rodrygo 62'), Vinicius Junior

Al Hilal: Abdullah Al Muaiouf, Saud Abdulhamid, Jang Hyun Soo, Ali Al Boleahi, Khalifah Aldawsari, Mohamed Kanno, Gustavo Cuellar, Andre Carrillo (Michael 74'), Luciano Vietto (Abdullah Al Hamdan 86'), Salem Al Dawsari (Nasser Al Dawsari 74'), Moussa Marega (Odion Ighalo 86')