Napoli menangi derby Campania dan kokoh di puncak

id liga italia,salernitana,napoli

Napoli menangi derby Campania dan kokoh di puncak

Penyerang Napoli Victor Osimhen (kiri) dan bek Salernitana Lorenzo Pirola (kanan) melakukan duel udara pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Arechi, Salerno, Minggu (22/1/2023). (ANTARA/AFP/FILIPPO MONTEFORTE)

Jakarta (ANTARA) - Si Biru Napoli memenangi derby Campania dengan skor 2-0 atas Salernitana untuk menguatkan cengkeraman di puncak klasemen Liga Seri A, di pertandingan di Stadion Arechi, Salerno, Minggu WIB.

Giovanni Di Lorenzo membuka keunggulan Napoli pada menit ke-45+3, sebelum kemudian Victor Osimhen menggandakan keunggulan Partenopei berkat golnya pada menit ke-48.

Napoli kini telah mengoleksi 50 poin, dari maksimal 57 poin. Mereka juga unggul 12 poin atas tim peringkat kedua AC Milan, meski Milan baru memainkan 18 pertandingan, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Sedangkan bagi Salernitana, kekalahan kelima dalam enam pertandingan terakhirnya di liga itu membuat mereka belum bisa beranjak dari posisi ke-16, dengan koleksi 18 poin.

Salernitana memiliki masalah internal sebelum pertandingan ini dimainkan. Mereka baru memecat pelatih Davide Nicola pada Senin (16/1) setelah kekalahan 2-8 dari Atalanta, untuk kemudian kembali mempekerjakan sang arsitek tim 48 jam kemudian.

Napoli menggempur sejak awal, tembakan Osimhen membentur Norbert Gyomber. Tidak lama kemudian kapten Salernitana Gyomber harus ditarik keluar lapangan karena cedera pada pahanya.

Kiper Salernitana Guillermo Ochoa bereaksi cepat untuk menggagalkan sepakan voli Osimhen. Di sisi lain, kiper Alex Meret harus menahan sepakan Krzysztof Piatek yang mengarah ke tiang dekat.

Di Lorenzo mengirim bola lambung untuk dilesakkan Osimhen masuk ke gawang tuan rumah, namun ia telah terlebih dahulu berada di posisi offside.

Napoli memecah kebuntuan menjelang turun minum. Andre-Frank Zambo Anguissa bekerja sama dengan Mario Rui untuk menarik para pemain bertahan, ketika Di Lorenzo kemudian mendapat ruang dan melakukan penyelesaian akurat.

Tidak lama babak kedua bergulir, gawang Salernitana kembali kemasukan. Eljif Elmas melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti, yang memantul ke tiang jauh, untuk disambar Osimhen yang berada di posisi yang tepat.

Tandukan Lorenzo Pirola mengenai tiang gawang setelah tendangan sudut Salernitana. Kiper Ochoa juga bekerja keras menggagalkan sundulan Osimhen yang menyambar umpan silang Piotr Zielinski.

Sepakan Mario Rui melebar, dan Osimhen dijatuhkan Pirola di tepi kotak penalti setelah berduel dengan Matteo Lovato. Salernitana memiliki peluang bagus untuk setidaknya memperkecil ketertinggalan pada menit ke-83. Stanislav Lobotska mengirim bola kepada Piatek, tetapi Meret mampu melakukan penyelamatan sensasional untuk mencegah gawangnya kemasukan.

Daftar susunan pemain:

Salernitana: Guillermo Ochoa, Norbert Gyomber (Matteo Lovato 16'), Flavius Daniliuc (Junior Sambia 85'), Lorenzo Pirola, Antonio Candreva, Hans Nicolussi Caviglia, Tonny Vilhena (Diego Martin Valencia Morello 73'), Lassana Coulibaly, Domagoj Bradaric, Boulaye Dia (Federico Bonazzoli 85'0, Krzysztof Piatek

Napoli: Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Amir Rrahmani, Kim Min Jae, Mario Rui, Andre Zambo Anguissa, Stanislav Lobotka, Piotr Zielinski (Tanguy Ndombele 86'), Hirving Lozano (Matteo Politano 86'), Victor Osimhen (Giovanni Simeone 89'), Eljif Elmas