Madrid juara Liga Spanyol 2021/22

id Real Madrid,Espanyol,Juara Liga Spanyol 2021-22,LaLiga

Madrid juara Liga Spanyol 2021/22

Dua kapten Real Madrid Karim Benzema (kiri) dan Marcelo (kanan) memegang trofi LaLiga setelah memenangkan pertandingan lawan Espanyol pada 30 April 2022. (ANTARA/REUTERS/Juan Medina)

Jakarta (ANTARA) - Real Madrid sah menjadi juara Liga Spanyol 2021/2022 setelah menang telak 4-0 saat menjamu Espanyol pada laga akhir pekan ke-34 di Santiago Bernabeu, Sabtu malam.

Rodrygo mencetak dua gol dalam pertandingan tersebut, sisanya disumbangkan oleh Marco Asensio dan Karim Benzema.

Madrid menjuarai Liga Spanyol 2021/2022 dengan 81 poin dari 34 pertandingan, unggul 17 poin dari Sevilla di peringkat kedua. Espanyol tertahan di peringkat 13 dengan poin 39.

Dalam laga ini, Carlo Ancelotti bergiliran menjaga kesegaran skuatnya untuk laga leg kedua semifinal Liga Champions melawan Manchester City tengah malam nanti.

Pertandingan berlangsung selama 30 menit pertama dengan Madrid dan Espanyol bertukar serangan.

Espanyol mengandalkan Raul De Tomas untuk mengancam gawang Madrid. De Tomas mendapat dua peluang, satu di antaranya masih diamankan kiper Thibaut Courtois.

Sementara itu, Madrid mendapat peluang emas pada menit ke-13 ketika tembakan jarak dekat Mariano dibelokkan oleh Diego Lopez dan membentur tiang gawang.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-33 ketika Rodrygo mendapat bola dari Marcelo yang menusuk di sisi kiri. Ia kemudian menguntit pemain lawan sebelum melepaskan tembakan ke tiang jauh gawang kontrol Diego Lopez. Skor menjadi 1-0.

Gol tersebut membuat Madrid semakin bernafsu untuk menambah gol. Rodrygo mendapat gol keduanya di menit ke-43 setelah memaksimalkan kesalahan lini belakang Espanyol.

Mariano merebut bola dari Yangel Herrera dan Rodrygo mengakhirinya dengan sepakan yang mengecoh eks kiper Madrid itu sehingga skor menjadi 2-0.

Tidak ada gol tambahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Madrid masih mendominasi dan terus berusaha menambah gol.

Pada menit ke-55, Madrid memperlebar jarak menjadi 3-0. Eduardo Camavinga membawa bola dari pertahanannya sendiri ke kotak penalti Espanyol. Ia kemudian memberikan bola kepada Asensio di sisi kanannya dan tendangannya mampu menaklukkan Lopez.

Tak puas dengan keunggulan tiga gol, Ancelotti memasukkan Karim Benzema untuk mempertajam lini serang. Isco juga bermain di menit ke-61.

Isco mampu mencetak gol pada menit ke-71 melalui tendangannya usai menerima umpan dari Benzema dari kiri. Sayang, gol tersebut dianulir karena VAR menilai Rodrygo dalam posisi offside.

Madrid berhasil mencetak gol keempat Madrid pada menit ke-81. Benzema menyelesaikan umpan Vinicius Junior dengan tembakan kaki kiri, yang tidak bisa dihalau Lopez.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan 4-0 untuk tuan rumah.

Urutan Pemain:

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Lucas Vazquez, Jesus Vallejo, Casemiro (Isco 61'), Marcelo; Luka Modric (Toni Kroos 70'), Eduardo Camavinga (Mario Gila 75'), Dani Ceballos; Rodrygo (Vinicius Jynior 70'), Mariano (Karim Benzema 60'), Marco Asensio.

Spanyol (4-4-2): Diego Lopez; Aleix Vidal, Sergi Gomez, Fernando Calero, Leandro Cabrera; Tonny Vilhena (Didac Vila 65'), Yangel Herrera (Fran Mérida 76'), Sergi Darder, Oscar Melendo (Manuel Morlanes 65'); Javi Puado, Raul de Tomas (Wu Lei 65')