BMKG: Waspda Hujan Badai Tiba-Tiba

id bmkg waspda, hujan badai tiba-tiba

Pekanbaru, (antarariau.com) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Riau, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai terjadinya hujan badai yang datang secara tiba-tiba atau diluar prakiraan cuaca sebelumnya.

"Hal ini disebabkan tingginya peluang hujan untuk sejumlah wilayah di Riau mengingat Desember 2012 ini, sistem kelembaban masih sangat tinggi," kata analis lembaga pemantau cuaca itu Sanya Gautami di Pekanbaru, Selasa.

Sejauh ini, demikian Sanya, dari hasil monitoring citra satelite awan, analisa streamline dan kondisi fisis serta dinamis udara, pada umumnya cuaca untuk wilayah Riau cerah hingga berawan.

Peluang hujan menurut dia, terpantau bakal terjadi di sejumlah wilayah dengan intensitas ringan hingga sedang.

Peluang hujan itu kata dia, terkosentrasi dil wilayah Riau bagian utara, tengah, dan barat seperti Kota Dumai, Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hilir, Pelalawan, Kampar dan Rokan Hulu.

"Potensi terjadinya hujan itu bisa kapan saja, mulai pagi, siang hingga malam hari. Namun dominan terjadi pada sore hari," katanya.

Untuk angin, demikian Sanya, pada umumnya bertiup dari arah barat laut samapai dengan timur laut dengan kecepatan berkisar antara delapan hingga 28 kilometer per jam.

Namun kata dia, situasinya akan lebih buruk bila terjadi gangguan alam yang juga berpotensi menimpulkan badai bahkan puting beliung.

"Untuk itu, diimbau agar masyarakat senantiasa mewaspadai hujan yang berpotensi turun dengan diserta badai atau angin kencang," katanya.

Menurutnya, kerawanan banji juga masih berpeluang untuk sejumlah wilayah Riau khususnya yang berada di wilayah dataran rendah atau sekitara daerah aliran sungai (DAS).