Daging Sapi Di Pekanbaru Rp88 Ribu Perkilo

id daging sapi, di pekanbaru, rp88 ribu perkilo

Pekanbaru, (antarariau) - Harga daging sapi pada hari pertama puasa naik sebesar lima hingga 10 persen dibanding hari sebelumnya hanya Rp80.000 per kg yang dijual pedagang di sejumlah pasar tradisional di Kota Pekanbaru, Riau,

"Saya barusan beli daging sapi Rp88.000 per kg, padahal minggu lalu hanya Rp80.000," kata Ny. Syamsiar (38) warga Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai Pesisir ditemui di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut dia daging sapi yang dibeli di Pasar Rumbai itu untuk membuat rendang selama persediaan bulan puasa.

Dia mengatakan bahwa hal itu sudah menjadi kebiasaan pedagang untuk menaikkan harga pada bulan Ramadhan.

Sementara itu, Kepala Dinas Petanian dan Peternakan Kota Pekanbaru Sentot D. Prayitno ditempat terpisah mengatakan harga daging sapi naik masih dalam kondisi wajar.

Meski begitu, katanya, pihaknya menetapkan harga daging sebesar Rp77.000/kg, kenaikan itu masih dianggap pada ambang normal.

Namun demikian dia mengingatkan kepada para pedagang agar tidak semena-mena menaikkan harga dengan memanfaatkan momentum puasa.

Sedangkan kebutuhan daging sapi dalam sehari lebih dari 26 ton untuk berbagai keperluan warga Kota Pekanbaru, yang dijual pedagang di sejumlah pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

Kepala Unit Pelayanan Teknik Dinas (UPTD) Rumah Potong Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Pemerintah Kota Pekanbaru, drh. Tito s membenarkan kebutuhan daging sapi di Pekanbaru setiap hari lebih dari 26 ton.

Menurut Tito bahwa hal itu merupakan kebutuhan pada hari normal, bila menjelang hari besar keagamaan, tentu akan meningkat mencapai 15 persen hingga 20 persen.

Pihaknya menjamin bahwa kebutuhan daging selama Ramadhan mencukupi karena tersedianya sejumlah ternak sapi di kawasan Palas, Kecamatan Rumbai.