Ratusan Titik Api "Kepung" Sumatra

id ratusan titik, api kepung sumatra

Dumai, 23/8 (ANTARA) - Analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Riau, Warih Puji Lestari, melalui sambungan telepon kepada ANTARA di Kota Dumai, Selasa, mengatakan, ratusan titik api tersebar di hampir seluruh wilayah provinsi se-Sumatra.

"Namun sebaran terbanyak masih tetap berada di wilayah Sumatra Selatan dengan jumlah yang mencapai 109 hotspot," kata Warih menjelaskan.

Ia menyebutkan bahwa saat ini terjadi pertumbuhan titik api kian hebat di Sumatra, dari sekitar 36 (Sabtu 20/8) naik menjadi 203 pada Minggu (21/8), kemudian pada Senin (22/8) terdeteksi 230 "hotspot".

Selain itu, kata dia, satelit cuaca "National Oceanic and Atmospheric Administration" (NOAA) 18 yang dioperasikan Amerika Serikat juga mendeteksi titik api di Provinsi Aceh sebanyak satu titik, Sumatra Utara satu, Bengkulu dua, Kepulauan Riau tiga, dan Sumatra Barat empat.

"Selanjutnya Bangka Belitung delapan, Lampung 11, Jambi 14, dan terakhir Provinsi Riau yang terdeksi sebanyak 49 titik api atau menduduki peringkat kedua setelah Sumatra Selatan," kata Warih.

Khusus di Riau, kata dia, masing-masing titik api terdeteksi di Kabupaten Rokan Hilir yakni satu, serta Bengkalis dan Kuantansingingi juga satu. Sementara untuk Kabupaten Siak, Kampar dan Indragiri Hulu terdapat sedikitnya enam titik api.

"Selanjutnya yakni Kabupaten Pelalawan 10 dan Indragiri Hilir sebanyak 18. Sementara untuk daerah langganan kebakaran hutan dan lahan pesisir Riau seperti Kota Dumai dan Meranti pada Senin (22/8) samasekali tak terdeteksi titik api," kata Warih.

Menurut Warih, pertumbuhan titik api di Sumatra yang kian hebat disebabkan kondisi cuaca yang cendrung panas atau minim hujan.

Prakiraan cuaca, kata dia, untuk hari ini (Selasa 23/8) hingga dua hari kedepan, Sumatra masih dirundung kemarau atau musim panas.

Kendati demikian, kata Warih, kemungkinan hujan masih tetap ada terutama untuk wilayah Sumatra bagian tengah dan barat.

"Khusus Riau juga demikian, sebagian besar wilayah kota/kabupaten masih cendrung minim hujan. Namun beberapa wilayah, khususnya Riau bagian selatan hingga timur, seperti Kampar, Siak, Bengkalis dan Kota Dumai serta sebagian pesisir timur masih dimungkinkan hujan berintensitas ringan hingga sedang," demikian Warih Puji Lestari. ***4***