Harga Emas Melambung Warga Pekanbaru Borong Perhiasan

id harga emas, melambung warga, pekanbaru borong perhiasan

Pekanbaru, 11/8 (ANTARA) - Harga emas di sejumlah toko perhiasan di pasar-pasar Tradisional Pekanbaru Riau, naik menjadi Rp480.000/gram dari harga sebelumnya Rp440 ribu/gram, akibatnya warga beramai ramai datangi toko perhiasan di Pekanbaru.

"Naiknya harga emas dalam sepekan ini untuk sementara tertinggi dalam bebrapa tahun terakhir," kata pemilik salah satu toko perhiasan Ridho, di Pasar pagi Arengka Pekanbaru Kamis.

Ridho mengakui, meski harga emas terus melonjak, dalam sepekan terakhir namun transaksi jual beli emas tetap meningkat.

"Warga yang membeli perhiasan semenjak harganya naik ini meningkat, hal ini disebabkan warga juga tahu kalau harga emas ini akan mengalami peningkatan terus" katanya.

Menurut Ridho, kalau warga yang menjual emas kepadanya untuk saat ini dihargai sekitar Rp465 ribu/gram, emas yang dijual dan dibeli warga tersebut bervariasi ada berbentuk kalung, gelang dan cincin, namun masih ada juga yang tukar tambah.

Sejak harga emas naik dalam sepekan terakhir, kata dia, nilai pembelian perhiasan emas di tokonya yang terbanyak mencapai satu ons atau senilai Rp48 juta oleh seorang ibu rumah tangga.

"Karena diprediksi emas bakal terus naik diperkirakan menembus harga Rp500 ribu per gram, sehingga banyak warga yang memborong emas," katanya.

Dia mengatakan, selain untuk investasi, dalam penjualan emas oleh warga ini biasanya tidak semua perhiasannya dijual kecuali ada keperluan untuk membeli seperti tanah. Sedangkan kalau untuk perhiasan sehari-hari hanya sebagian yang dijual.

"Saat ini sejumlah pedagang dan warga terus memantau harga emas melalui perkembangan harga emas dunia," katanya.

Naiknya harga emas ini membuat sejumlah warga di Pekanbaru membeli perhiasan dalam jumlah banyak, terlihat di salah satu toko Perhiasan di Pasar Cikpuan Pekanbaru, mereka beramai-ramai mendatanginya.

"Meski harga emas naik namun tetap saya membeli perhiasan, karena diperkirakan harga emas terus melonjak," kata seorang warga Pekanbaru, Siska Maharani.

Menurut dia, pembelian sejumlah perhiasan di saat harga emas naik memang sangat riskan, namun pasarannya pada beberapa pekan ke depan diprediksi bakal terus membaik.

Menyimpan perhiasan berupa emas, kata dia, merupakan salah satu bentuk investasi, karena kalau nantinya harga terus melonjak barang itu bisa dijual kembali.

"Tidak saya saja yang banyak membeli emas, namun warga lainnya juga ada yang lebih besar bahkan mencapai 1 ons perhiasan sekali beli," pungkasnya.