Brazil katakan negara-negara Amerika Selatan bertemu untuk bahas Amazon

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Brazil katakan negara-negara Amerika Selatan bertemu ,kebakaran amazon

Brazil katakan negara-negara Amerika Selatan bertemu untuk bahas Amazon

Foto udara memperlihatkan asap meninggi di atas penggundulan hutan Amazon di Porto Velho, negara bagian Rondonia, Brazil, Selasa (27/8/2019). (REUTERS/UESLEI MARCELINO)

Brasilia (ANTARA) - Presiden Brazil Jair Bolsonaro, Rabu, mengatakan bahwa negara-negara Amerika Selatan akan bertemu guna menentukan kebijakan bersama dalam melindungi hutan hujan Amazon.

Ada indikasi bahwa Bolsonaro, tokoh konservatif sayap kanan, sedang menjalin hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara tetangga daripada negara Eropa. Ia juga menerima tawaran empat pesawat dari Chile untuk membantu memadamkan kebakaran yang melahap hutan hujan terbesar dunia tersebut.

Baca juga: Brazil kerahkan tentara bantu padamkan kebakaran yang landa hutan Amazon

Ketika berbicara di hadapan awak media seusai bertemu dengan Presiden Chile, Sebastian Pinera, di Brasilia, Bolsonaro menuturkan bahwa pertemuan dengan tetangga regional selain Venezuela untuk membahas kebijakan bersama dalam melindungi Amazon akan digelar pada 6 September di Kota Leticia, Kolombia.

Pinera menawarkan dukungan penuh kepada Bolsonaro, dengan mengatakan kedaulatan negara-negara yang berbagi Amazon harus dihormati, saat Bolsonaro mengatakan bahwa kedaulatan Brazil "tak memiliki harga, bahkan 20 triliun dolar AS."

Ada referensi terhadap tawaran bantuan 20 juta dolar AS yang diumumkan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada KTT G7 di Biarritz selama akhir pekan, yang ditolak Bolsonaro lantaran dianggap sebagai upaya penghinaan untuk "membeli" kedaulatan Brazil.

Macron menuding Bolsonaro berbohong soal perubahan iklim.

"Pemerintah Prancis mencap saya sebagai pembohong. Hanya setelah itu menarik kembali apa yang dikatakan tentang saya ... dan rakyat Brazil, yang tidak menerima penyusutan kedaulatan Amazon ini .. jika demikian, kemudian kita tidak dapat berbicara lagi," kata Bolsonaro.

Baca juga: Pesawat tempur turut bantu pemadaman kebakaran Amazon

Sumber: Reuters

Pewarta : Asri Mayang Sari