Peringati Hari Anak, Sekda Inhil Pantau Kegiatan

id peringati hari anak sekda inhil pantau kegiatan

 Peringati Hari Anak, Sekda Inhil Pantau Kegiatan

Antara Foto

Tembilahan, (Antarariau.com) - Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, memantau kegiatan belajar di luar kelas atau "Otdoor Classroom Day" (OCDay) di sejumlah sekolah di Kota Tembilahan, Kamis.

Dalam kunjungannya yang turut didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Inhil, Said Syarifuddin menilai kegiatan OCDay mampu membuat siswa dan siswi bahagia dalam belajar. Kondisi seperti itu tentu memberikan mood yang baik terhadap minat belajar anak dan lebih mudah menuangkan ekspresi di sekolah.

"Pola-pola pendidikan seperti ini yang dibutuhkan anak, tidak hanya belajar. Dengan belajar sambil bermain anak-anak akan terus semangat dan tentunya mampu menyerap pelajaran dengan baik," Ucap Sekda.

OCDay yang digelar sekaligus memperingati Hari Anak Sedunia itu, terdiri dari tiga jam pembelajaran di luar kelas dengan tujuan membuat anak tidak jenuh, menumbuhkan kreativitas serta menggalakkan olahraga tradisional dan permainan tradisional.

Kegiatan belajar dalam program tersebut dimulai dengan Senyum Sapa Salam (3S) Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, cuci tangan sebelum makan, baca doa bersama sebelum makan, serta cuci tangan setelah makan.

Kegiatan dilanjutkan dengan membaca buku di luar ruangan, simulasi sadar bencana dalam lagu dan gerak, senam Germas, permainan tradisional, yel-yel Sekolah Ramah Anak, deklarasi Sekolah Ramah Anak, pelantikan Tim Sekolah Ramah Anak, dan diakhiri dengan acara penutupan menyanyikan lagu "Maju Tak Gentar". Diakhir kegiatan siswa siswi diajak memeriksa lingkungan tanaman, menyingkirkan tanaman dan barang yang dapat membahayakan siswa, mematikan lampu yang tidak diperlukan dan mematikan kran air yang terbuka.

Terhitung sebanyak 11 sekolah di Kabupaten Indragiri Hilir yang turut melaksanakan OCDay, mulai dari satuan pendidikan TK, SLB hingga tingkat SMA.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana

dan Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hilir, Ir. Apriani, mengungkapkan program OCDay ini merupakan bagian dari mewujudkan sekolah ramah anak.

"Sekitar tiga jam pembelajaran di luar diharapkan mampu membuat anak senang, huru tenang dan orang tua siswa bahagia" tambahnya. (Adv)