Penggagas The New9 Wonderful ini Daftar ke KPU Jadi Calon Senator Riau

id penggagas the, new9 wonderful, ini daftar, ke kpu, jadi calon, senator riau

Penggagas The New9 Wonderful ini Daftar ke KPU Jadi Calon Senator Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Mantan Ketua tim seleksi "The New9 Wonderful" Akhyarudin Yusuf menyatakan secara resmi maju menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Daerah RI dari daerah pemilihan Provinsi Riau 2019.

"Hari ini saya menyerahkan persyaratan ke Komisi Pemilihan Umum Riau dengan membawa berkas dukungan dari tujuh kabupaten/kota, " kata Akhyaruddin Yusuf kepada antara di Pekanbaru, Rabu.

Akhyaruddin Yusuf menjelaskan majunya ia menjadi senator Dapil Riau didorong rasa ingin mengabdi bagi wilayah kelahirannya dengan semua pengalaman yang ia dapat selama bekerja di Kementerian Pariwisata RI hingga pensiun.

"Saya anak Riau dan ingin mengabdi di sini, ini amal jariah saya di karir terakhir, mohon masyarakat Riau mendukung saya jadi senator, " ujar Akhyaruddin Yusuf.

Mantan Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Kementerian Pariwisata RI tersebut menceritakan pengalaman yang ia peroleh selama mengabdi menjadi ilmu yang patut dan diniatkannya untuk membangkitkan perekonomian Riau disektor pariwisata.

Menurut dia Riau harus merubah paradigma sumber perekonomian dari minyak dan gas menjadi pariwisata. Dengan modal yang dimiliki selama ini budaya, agama, dan alam jika dikelola oleh tangan yang mengerti pariwisata maka tidak mustahil bisa menjadi seperti provinsi lain yang ditopang wisman.

Ia menyatakan seiring program Presiden Joko Widodo pengembangan pariwisata memang sangat mumpuni untuk memajukan dan menggerakkan ekonomi kerakyatan mulai dari bawah hingga ke atas. Dimana industri kreatif akan jadi tulang punggungnya.

"Contoh saja Bali bukan cuma alam yang mereka jual, tetapi budaya, industri kreatif masyarakatnya, Riau punya itu namun butuh waktu untuk membentuk ke arah sana, " ujarnya optimis.

Ia juga yakin dan berjanji dengan modal hubungan baik dan kenalan selama bekerja di Kementerian RI jika ia terpilih jadi senator maka anggaran yang tersedia di pusat bisa diraih. Peluang-peluang yang ada akan dibukakan jalannya oleh dirinya dengan membawa para bupati, walikota dan gubernur ke kementerian yang dibutuhkan.

"Saya akan bawa pejabat Riau menghadap ke pusat, dulu jaman saya di kementerian banyak kenal orang, bahkan staf saya kini sudah ada yang memegang tampuk pimpinan, jadi nanti kalau saya datang misalnya sebagai senator karena sudah kenal tentu lebih mudah, " imbuhnya.

Sementaraitu Komisioner KPU Riau Ilham Yasir membenarkan pihaknya sejak 22 April hingga 26 April 2018 telah membuka tahapan penyerahan syarat dukungan minimal bagi calon DPD RI Dapil Riau.

Menurut dia sejauh ini dari daftar list yang sudah menyatakan akan mengantar syarat dukungan ada sekitar 36 calon.

"Kami buka 22 April - 25 April pukul. 08.00 WIB- 16.00 WIB dan 26 April pukul. 08.00 WIB - 24.00 WIB, " ujar Ilham.

Adapun daftar list calon sesuai jadwal hari pengantaran syarat dukungan ke KPU sebagai berikut, 22 April 2018 yakni Jefry Noer, Instiawati Ayus, M. Rizal Akbar, Rosti Uli Purba, Agustian Rasmanto .

Kemudian Senin 23 April 2018 ada Misharti, Jakiman Suradi, Edwin Pratama Putra, Saut Sihaloho.

Lalu yang antar surat dukungan pada Selasa, 24 April 2018 Gafar Usman,

Asyari Nur, Juprizal, Herman Nazar.

Untuk jadwal Rabu 25 April 2018 ada Zahirman Zabir, Akhyaruddin Yusuf, Muhammad Ridwan, Chaidir, T.Fauzi Riyosi, Ramzi Durin, Muhammad Gazali, Khudri, Jamaris, Syintia Dewi Ananta Shinta, Dinawati, Jamaris,

Di hari terakhir Kamis, 26 April 2018 ada Eko Wibowo, Ibadullah, Edizulman, Vivien Anjadi Suwito, M. Yusuf Said, Wahyu WHL, Herman Gazali, Syofran, Yusraini, Peri Akri.

Pengisian list untuk memudahkan para petugas di KPU memberikan layanan dan fasilitasi selama proses penyerahanan syarat dukungan, "pungkas Ilham.