Utamakan Pelayanan, Ini Rencana Wajah Baru Kantor Disdukcapil Inhil

id utamakan pelayanan, ini rencana, wajah baru, kantor disdukcapil inhil

Utamakan Pelayanan, Ini Rencana Wajah Baru Kantor Disdukcapil Inhil

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau berencana akan merenovasi bangunan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dengan wajah baru di tahun 2018 ini.

"Sesuai rencana, Insya Allah dalam tahun ini akan dibangun," ujar Sekretaris Disdukcapil Inhil, Nursal kepada Antara di Tembilahan, Senin.

Nursal mengatakan, renovasi gedung kantor Disdukcapil mendapat anggaran sebesar Rp 170 juta.

Sesuai "Budget" yang tersedia, ia mengaku sudah mendapatkan referensi desain bangunan yang simple namun tetap elegan dan tentunya lebih tertata.

Adapun ruang menjadi target renovasi utama adalah ruang pelayanan. Sesuai prioritas Disdukcapil yang megutamakan kenyamanan dalam memberikan fasilitas dan pelayanan kepada masyarakat.

Sederhananya, kata dia, akan ada loket-loket khusus dan ruang tunggu bagi masyarakat yang akan mengurus keperluan administrasi kependudukan.

"Desainnya sedikit menyerupai bank lah, ada loket-loket dan ada kursi-kursi untuk masyarakat mengantre," ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, meski pembangunan yang dilakukan nantinya sederhana, namun tujuan utama untuk dapat memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang berurusan tetap akan diperhatikan.

"Yang paling penting saat ini adalah bagaiaman Disdukcapil mampu memberikan yang terbaik kepada masyarakat sehingga merasa nyaman saat mengurus dokumen kependudukan," tambah Nursal.

Menurutnya, renovasi gedung kantor Disdukcapil memang sudah seharusnya dilakukan, mengingat kondisi saat sekarang ini yang sempit tidak sesuai dengan jumlah masyarakat yang berurusan. Belum lagi masalah minimnya tempat duduk untuk masyarakat yang harus mengantre.

Menyiasati kepadatan masyarakat dalam berurusan, baru-baru ini Disdukcapil membuka tempat pengambil e-KTP disamping lokasi parkir di teras kantor yang sebelumnya difungsikan sebagai tempat tunggu.

"Kan tidak mungkin selamanya kita berikan fasilitas dan pelayanan seperti sekarang ini kepada masyarakat.m, tapi alhamdulillah sekarang sudah ada anggarannya," tuturnya.

Saat ini, lanjutnya, renovasi kantor Disdukcapil sudah melewati tahap perencanaan. Jika tidak ada kendala pelaksanaan renovasi akan dilakukan pada triwulan kedua yakni april mendatang.

"Kita berharap dengan adanya renovasi ini, Disdukcapil Inhil akan lebih mampu memaksimalkan pemanfaatan gedung yang ada ini mejadi kondusif," harapnya.