Begini Keunikan Gunung Batu Tara Yang Meletus Setiap 20 Menit

id begini keunikan, gunung batu, tara yang, meletus setiap, 20 menit

Begini Keunikan Gunung Batu Tara Yang Meletus Setiap 20 Menit

Kupang, Nusa Tenggara Timur (Antarariau.com) - Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday mengundang wisatawan domestik mengunjungi daerahnya untuk menyaksikan keunikan Gunung Batu Tara (Ile Batu Tara) di Pulau Komba, yang meletus setiap 20 menit.

"Keunikan gunung ini adalah meletus setiap 20 menit. Letusan itu disertai lahar panas pijar membara membentuk bunga api yang indah disertai tsunami kecil tetapi tidak membahayakan dan dapat disaksikan dari jarak 20 meter," kata Thomas Ola Langoday kepada Antara, Minggu.

Letusan Ile Batu Tara yang berada di Laut Flores sebelah utara Pulau Lembata berlangsung tanpa henti sepanjang hari. Aktivitas vulkanik gunung itu, menurut Thomas, paling indah disaksikan saat magrib dan subuh.

Thomas menambahkan Ile Batu Tara merupakan satu dari tiga gunung api di dunia yang memiliki keunikan seperti itu, dua lainnya ada di Sisilia dan Atlantik.

Wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Ile Batu Tara bisa menempuh perjalanan sekitar 90 menit menggunakan kapal cepat dari Lembata.