Perhatikan 4 Hal Berikut, Sebelum Anda Membeli Mobil Murah!

id perhatikan 4, hal berikut, sebelum anda, membeli mobil murah

Perhatikan 4 Hal Berikut, Sebelum Anda Membeli Mobil Murah!

Antarariau.com - Hampir semua orang berkeinginan memiliki mobil sendiri dengan konsep mewah. Hanya saja kebanyakan orang terbentur dengan dana. Ya, punya mobil mewah juga harus siap dengan "mahar" yang besar pula. Harga mobil mewah memang identik dengan mahal.

Nah, untuk menyiasati keadaan tersebut biasanya orang beralih ke mobil murah. Membeli mobil murah memang menjadi alternatif yang cocok untuk mereka yang ingin punya mobil namun terbentur dana. Akan tetapi, mobil murah juga tidak boleh sembarangan dibeli. Anda pun harus memikirkan jangka panjang dan memerhatikan beberapa hal.

Untuk itu, Toyota berbagi tips yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli mobil murah. Di sini, Toyota mengambil contoh mobil citycar Agya yang memang harganya miring. Lantas seperti apakah tips sebelum membeli mobil murah? Berikut ulasannya!

1. Bahan bakar

Mobil murah yang dicanangkan oleh pemerintah barubaru ini diklaim lebih ramah lingkungan daripada mobilmobil sekelas yang sudah lebih dahulu beredar di pasaran.

Hal ini dikarenakan mobil murah diplot untuk menggunakan bahan bakar pertamax yang notabene lebih sempurna hasil pembakarannya sehingga tidak mengeluarkan emisi gas CO2 sebesar kendaraan berbahan bakar bensin atau solar.

Namun yang harus Anda pahami adalah harga pertamax ini lebih mahal dari harga bensin sehingga secara otomatis pengeluaran Anda untuk bahan bakar juga pastinya akan meningkat. Kalkulasi biaya bahan bakar inilah yang harus Anda pertimbangkan dengan masak sebelum tergiur untuk membeli mobil murah.

2. Sesuai kebutuhan

Apabila Anda ingin membeli mobil hanya untuk bergaya, sebaiknya tunda dulu, sampai Anda benar-benar butuh mobil. Pasalnya, angka penjualan mobil di Indonesia sudah cukup tinggi, namun tidak di imbangi dengan jalan yang memadai. Hasilnya apa? Macet!

Nah, jika Anda dapat menjangkau tempat kerja dengan mengendarai motor atau angkutan umum, sebaiknya gunakanlah itu. Ke tempat kerja mengendarai mobil justru akan membuat Anda telat karena mobil tidak selincah motor. Banyak kelebihan dari motor yang tidak dimiliki mobil.

Oleh karena itu, sesuaikan kebutuhan Anda sebelum membeli mobil, meskipun itu mobil murah.

3. Bandingkan dengan mobil bekas

Membeli mobil baru dengan harga murah, nyaris sama dengan membeli mobil mewah tapi bekas. Uang yang Anda keluarkan hampir sama, namun tetap ada plus dan minusnya.

Mobil bekas ini memiliki keunggulan dari segi pemilihan bahan bakar yang mana Anda bisa bebas menentukan jenis bahan bakar sesuai klasifikasi mobil tanpa harus terikat pada peraturan bahwa Anda harus membeli BBM tanpa subsidi.

Namun kelemahan dari mobil bekas tentu adalah suku cadang serta part mobil yang sudah dipakai selama masa tertentu sehingga beresiko ada cacat atau kerusakan. Oleh karena itu, tetap perhatikan juga untuk memilih mobil bekas yang tidak terlalu buruk.

4. Sesuaikan dengan tempat tinggal

Jika Anda tinggal di kota besar, maka infrastruktur jalan bukan merupakan hambatan yang berarti.

Namun jika Anda tinggal di pedesaan atau di tempat yang jauh dari kota, maka perbedaan fasilitas infrastruktur akan terasa sehingga membeli mobil murah yang kebanyakan didesain sebagai city car atau mobil keluarga kurang tepat.

Untuk wilayah pedesaan dengan jalan yang belum mulus, ada baiknya jika Anda membeli kendaraan roda empat semacam SUV atau Jeep yang lebih sesuai dengan kondisi di lapangan sehingga Anda tidak hanya membeli mobil murah hanya karena sedang ada kesempatan atau trend semata.

Semoga bermanfaat sumber merdeka.com