PT Semen Padang serahkan 284 kantong darah ke PMI Kota Padang

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Semen Padang,donor darah

PT Semen Padang serahkan 284 kantong darah ke PMI Kota Padang

PT Semen Padang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang gelar donor darah di Club House Bukit Atas, Indarung, Padang, Rabu (14/06/2023) (ANTARA/HO-PT Semen Padang)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Semen Padang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang kembali menggelar donor darah di Club House Bukit Atas, Indarung, Padang, Rabu (14/6). Kegiatan yang digelar dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB berhasil mengumpulkan sebanyak 284 kantong darah.

Turut hadir menyumbangkan darah, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) & Umum, R Trisandi Hendrawan, Kepala Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku, Sumarsono, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan, Nur Anita Rahmawati, Kepala Unit Operasional SDM, Irwan Prasetyo, Dokter Perusahaan, Andy Riva Dana dan sejumlah staf Semen Padang lainnya.

Dalam pembukaan kegiatan donor darah ini, secara simbolis juga dilakukan penyerahan kantong darah dari Kepala Departemen SDM & Umum, R Trisandi Hendrawan kepada Kepala Bagian Teknis Labor Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Padang, dr. Diana Ayu Irsanti.

Direktur Utama PT Semen Padang, diwakili Kepala Departemen SDM & Umum, R Trisandi Hendrawan pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada PMI Kota Padang yang telah memberikan kesempatan kepada PT Semen Padang untuk rutin menggelar donor darah, karena kegiatan ini juga sebagai bagian amal bakti kemanusiaan dan bagian dari kepedulian perusahaan kepada sesama.

"Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu wujud kepedulian perusahaan, terutama bagi sesama, yakni masyarakat yang membutuhkan darah. Sedangkan bagi karyawan Semen Padang Grup selaku pendonor, juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah dan lain sebagainya," kata Trisandi

Donor darah ini, kata Trisandi, merupakan agenda sosial PT Semen Padang yang rutin digelar setiap 2 bulan sekali. Untuk itu, mewakili manajemen PT Semen Padang, Trisandi mengucapkan terima kasih kepada karyawan Semen Padang Group dan keluarga yang senantiasa mendonorkan darahnya melalui kegiatan donor darah yang digelar perusahaan.

Baca juga: Semen Padang siapkan 19 ha lahan emplasemen perusahaan untuk kaliandra

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati pada kesempatan yang sama, mengatakan donor darah kali ini diikuti oleh insan Semen Padang Group, keluarga karyawan, pensiunan dan masyarakat sekitar perusahaan.

"Target kita dalam setahun melaksanakan kegiatan donor darah adalah enam kali. Untuk donor darah hari ini telah yang ketiga kalinya dalam tahun 2023 ini, sebelumnya kita juga sudah melaksanakan donor darah sebanyak dua kali, yakni bulan Januari, bertepatan dengan Bulan K3 Nasional PT Semen Padang dan juga pada Maret, bertepatan dengan HUT 113 PT Semen Padang," katanya.

Anita menyampaikan, pada donor darah hari ini, sebanyak 284 kantong darah berhasil dikumpulkan dari 300 lebih peserta yang mendaftar dan selanjutnya darah tersebut diserahkan ke UTD PMI Kota Padang dan kegiatan ini dilatarbelakangi ketersediaan stok darah di PMI Kota Padang yang sering kurang.

"Kita sering mendengar dan mendapatkan informasi permintaan-permintaan darah dari keluarga pasien karena PMI tidak dapat memenuhi kebutuhan darah karena kehabisan stok, kegiatan donor sekarang ini sebanyak 284 kantong berhasil kita kumpulkan, semoga dengan kegiatan yang rutin kita gelar ini, defisit stok darah dapat teratasi," tambah Anita.

Baca juga: Tertarik dengan kaliandra dan ikan bilih, peserta Penas XVI kunjungi Semen Padang

Kepala Bagian Teknis Labor UTD PMI Kota Padang, dr. Diana Ayu Irsanti pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada PT Semen Padang yang konsisten menggelar donor darah secara rutin, sekali dalam dua bulan dan ini sangat membantu kebutuhan stok darah di UTD PMI Kota Padang.

“Donor darah adalah aksi sosial yang nyata. Sebagai sesama manusia, tentunya donor darah ini kegiatan sosial yang dibutuhkan sekali untuk orang yang membutuhkan transfusi darah. Apalagi, stok darah yang ada di PMI Kota Padang kondisinya selalu paceklik atau tidak sesuai dengan kebutuhan,” ungkapnya.

Salah seorang pendonor, Pensiunan PT Semen Padang, Masykur Rauf, mengaku rutin mengikuti donor darah yang digelar PT Semen Padang selama ini. Selain bisa membantu sesama, terutama bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah, bagi dirinya pribadi mendonorkan darah secara rutin itu juga bermanfaat untuk kesehatan, membuat badan lebih segar dan merasa lebih baik.

"Donor darah secara rutin itu membuat kita lebih merasa sehat, jantung senantiasa sehat dan bisa menurunkan risiko kanker dan stroke, selain itu darah kita ini tentunya begitu bermanfaat bagi sesama kita yang membutuhkan. Mudah-mudahan, darah yang kita sumbangkan ini dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah untuk melawan penyakitnya" katanya.

Baca juga: PT Semen Padang wujudkan rumah layak huni di Sumbar, Riau, dan Kepri