Ada pawai takbiran sambut lebaran di Pekanbaru

id Pekanbaru, takbiran, pawai, lebaran

Ada pawai takbiran sambut lebaran di Pekanbaru

Ilustrasi Festival lampu colok di halaman Kantor Camat Kulim. Sebanyak 3.000 lampu colok dinyalakan di atas menara kayu yang membentuk ornamen miniatur Masjid. ANTARA/HO-Pemko Pekanbaru

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru bakal menggelar pawai takbiran satu hari jelang Idul Fitri Idul Fitri 1444 Hijriah di Jalan Gajah Mada dan dilanjutkan keesokan harinya Shalat Id di Kecamatan Senapelan, Sabtu (22/4).

"Rencananya pawai takbir berlangsung pada tanggal 21 April malam, lokasinya di Jalan Gajah Mada dan Salat Id di Lapangan Bukit Senapelan," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Rabu.

Salat Idul Fitri 1444 H di Kecamatan Senapelan akan diikuti oleh Pejabat Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. Para pejabat pemerintah kota bakal ikut dalam shalat Id tersebut dan masyarakat bisa ikut berjamaah di lapangan itu.

"Rencananya kita mendirikan shalat Id bersama masyarakat di Lapangan Bukit, Lapangan Bukit Senapelan," ungkapnya.

Sedangkan untuk open house, pihaknya masih menanti arahan lebih lanjut dari pemerintah pusat. Pasalnya Presiden RI, Joko Widodo sudah melarang adanya open houseoleh pejabat

Sebelumnya ada sejumlah rangkaian kegiatan digelar dalam menyambut Idul Fitri di Kota Pekanbaru. Ia menyebut bahwa pemerintah kota kembali menggelar Festival Lampu Colok.

Festival ini berlangsung serentak di 15 kecamatan. Namun penyelenggaraannya berpusat di Kecamatan Kulim pada tahun ini. "Jadi tahun ini ada Festival Lampu Colok di Pekanbaru, Kecamatan Kulim menjadi tempat pembukaannya," ujarnya.

Secara turun-temurun tradisi ini dilaksanakan pada malam 27 Ramadan atau sering disebut malam 7 likur jelang hari raya Idul Fitri. Di halaman Kantor Camat Kulim, sebanyak 3.000 lampu colok telah dinyalakan berdiri kokoh di atas menara kayu dengan sebahagian membentuk ornamen miniatur masjid.