PTPN V berencana melantai di bursa saham tahun ini, begini strateginya

id PTPN V, sawit, Riau

PTPN V berencana melantai di bursa saham tahun ini, begini strateginya

Dirut PTPN V Jatmiko K Santosa. (ANTARA/Anggi Romadhoni)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V berencana melantai ke bursa saham dengan melaksanakan initial public offering (IPO) atau penawaran saham perdana pada tahun ini.

Direktur Utama PTPN V Jatmiko K Santosa mengatakan saat ini segala persiapan tengah dilakukan dan ditargetkan dapat terlaksana pada kuartal tiga atau empat 2020.

“Persiapan sudah berjalan, semua kajian dijalankan, ini lagi proses penunjang. Insya Allah tahun depan kuartal kedua, ketiga, atau keempat. Yang jelas bukan kuartal pertama, dan tetap melihat kondisi pasar modal dan harga komoditas,” kata Jatmiko dilansir Antara dari laman resmi PTPN V, Selasa.

Ia mengatakan langkah IPO dilakukan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan unit usaha di tubuh perusahaan perkebunan plat merah terbesar di Riau tersebut.

Menurut dia, di masa mendatang PTPN V tidak lagi bersandar pada pembiayaan konvensional seperti Bank atau obliges.

“Karena sawit ini bisnis kebun jangka panjang. Kalau semata berharap dari konvensional, misal pembiayaan bank, obligasi, nafas bisnisnya terbatas. Padahal sawit setelah tahun ketiga itu ada baby sickness-nya,” ujarnya.

Baca juga: PTPN V dukung polisi tindak tegas pegawainya di kasus karhutla Riau

Baca juga: Begini cara PTPN V manfaatkan teknologi drone untuk petakan perkebunan sawit

Baca juga: Indra Sjafri ingin bangun akademi sepakbola bareng PTPN V


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar