45 tim akan bertarung di Siak International Serindit Boat Race, 6 dari luar negeri

id siak international serindit boat race,pariwisata riau ,pariwisata siak,dragon boat,berita riau antara,berita riau terbaru

45 tim akan bertarung di Siak International Serindit Boat Race, 6 dari luar negeri

Kadis Pariwisata Siak, Fauzi Asni (paling kanan) menjelaskan iven Siak International Serindit Boat Race 2019.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, Riau (ANTARA) - Sebanyak 45 tim, enam di antaranya dari luar negeri, akan mengikuti perlombaan perahu "Siak International Serindit Boat Race" di Kabupaten Siak, Provinsi Riau pada 14-18 November 2019 mendatang.

"Ini tahun ketiga dan 2019 inisudah masuk kalender Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI)," kata Kepala Dinas Pariwisata, Fauzi Asni dalam konfrensi persdi Siak, Kamis.

Dia mengatakan perlombaan perahu ini layaknya "Dragon Boat", tapi karena di Siak khasnya Serindit maka diberi nama tersebut. Perahunya dengan pola 9 meter dan pendayung 12 orang.

45 tim yang akan ikut terdiri dari enam tim dari luar negeri asal Malaysia dan Brunei Darussalam. Kemudian dari provinsi di luar Riau ada 17 tim di antaranya dari Jambi, Sumatera Barat, Banten dan Jawa Barat.

Kemudian dari dalam Provinsi Riau ada dari Pekanbaru, Bengkalis, Indragiri Hulu, Inhil, serta atlet dayung dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar Riau. Sedangkan dari dalam Siak ada tim dari Kecamatan Siak, Kotogasib, Pusako, Mempura, dan lainnya.

Lomba ini akan start di depan Pelabuhan Siak dan finish di Tepian Sungai Jantan. Perlombaan ini memperebutkan hadiah total Rp178 juta dengan juara pertama akan mendapatkan Rp60 juta dipotong pajak.

Kata Fauzi Asni, perlombaan perahu di Sungai Siak ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggikarena. Pasalnya arusnya deras dan tidak seimbang di samping ada pasang dan surut.

"Itu yang saya dengan dari PB PODSI, kalau ketika final sungai surut belum tahu menang meskipun tim dayungnya kuat. Nomor start juga menentukan, waktu surut belum tahu menang saat pasang. Jadi perlu ada kekuatan dan strategi, itu nilai tambah di Siak," ungkapnya.

Baca juga: Siak akan gelar Festival Kabupaten Lestari II, begini penjelasannya

Baca juga: 13 tim dari 16 negara ikuti Tour de Siak