Air Sungai Lipai Naik Ke Badan Jalan

id air sungai, lipai naik, ke badan jalan

Gunung Sahilang, (antarariau.com) - Hujan deras yang turun cukup lama membuat Air Sungai Lipai, Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar naik kebadan jalan hingga menyebabkan banjir dan telah merendam lima desa Rabu.

"Hujan terus menerus turun mulai pukul 06.00 wib hingga pukul 14.00 wib di Desa Kebun Durian, air Sungai Lipai meluap hingga merendam badan jalan dengan ketinggian sepaha orang dewasa," kata Tuti seorang warga setempat.

Naiknya air luapan Sungai Lipai itu menggenang seperti di satu titik sepanjang 200 meter. Lokasinya tidak jauh dari simpang Desa Kebun Durian dan air itu cukup mengganggu perjalanan masyarakat, sebab di tengah-tengah jalan itu ada lubang yang cukup besar.

"Jika mau lewat harus nekad dan lebih berhati-hati dengan tetap menekan gas yang kencang agar air tidak masuk pada mesin dan knalpot kendaraan," ujar warga lain.

Sejumlah kendaraan tetap memaksa melewati jalan tersebut, karena itu adalah satu-satunya jalan beraspal menuju ibu kota Kabupaten Kampar dari tiga kecamatan yakni Kampar Kiri, Gunung Sahilan, dan Kampar Kiri Hulu.

Martini, Koordinator TP PKK Kabupaten Kampar terpaksa turun dari mobil yang ditumpanginya karena harus memperkirakan apakah dapat melewati jalan itu atau tidak, akhirnya dilalui juga sebab ada satu mobil Kijang LGX yang melintasi genangan air itu hingga keseberangan.

Air semakin naik, hingga pukul 14.00 WIB, di jembatan arah Kecamatan Gunung Sahilan mulai pasang dan semakin deras, dengan warna yang keruh.