Penumpang Melonjak, Maskapai Tambah Jadwal Terbang Ke Pekanbaru

id penumpang melonjak, maskapai tambah, jadwal terbang, ke pekanbaru

Pekanbaru, (antarariau) - Jumlah penumpang pesawat di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau, melonjak dan menurut data, jumlah tersebut telah mencapai 10 ribu orang per hari atau meningkat signifikan dibandingkan hari-hari biasa yang berkisar delapan ribu orang.

"Jauh meningkat untuk jumlah penumpang sejak kemarin (Rabu 5/9) dan perkirakan sampai hari ini. Dikalkulasi, mencapai 10 ribu orang, baik kedatangan maupun kepergian," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan, di Pekanbaru, Kamis.

Ia menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang itu tidak lepas disebabkan adanya perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII di Riau.

Memang, demikian Ibnu, untuk penumpang tidak terdata secara pasti apakah merupakan atlet atau kontingen PON. "Namun dari informasi yang kami dapat, kebanyakan tujuannya adalah untuk mengikuti pertandingan olahraga dan menyaksikan PON di Riau, khususnya Pekanbaru," kata dia.

Ia juga menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang itu juga ditunjukkan dengan padatnya frekuensi penerbangan sejak dua hari terakhir ini.

Bahkan, kata dia, beberapa maskapai ada yang mengadakan "extra flght" atau tambahan penerbangan, kemudian ada juga beberapa jadwal kedatangan pesawat carter.

"Untuk kemarin, menurut informasi yang kami terima, ada satu pesawat carter milik Garuda Indonesia yang mendarat di Bandara Pekanbaru. Kemudian ada juga dari Lion Air," katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, maka penerbangan juga turut bertambah jelang PON ini, yakni dari biasanya ada 60 jadwal penerbangan, menjadi sekitar 65 hingga 66 penerbangan untuk keberangkatan maupun kedatangan.

Ibnu menjelaskan, penambahan armada pesawat dari berbagai maskapai ataupun carter, diperkirakan akan terus terjadi hingga beberapa hari kedepan.

Untuk pesawat kedatangan terbanyak, katanya, yakni dari Jakarta dan sejumlah wilayah lain di Jawa.

"Begitu juga untuk keberangkatan, tujuan dominan masih Jakarta," katanya.

Menurut pemantauan ANTARA, Bandara SSK II Pekanbaru tampak dipadati ribuan pengunjung berbagai kalangan.

Kepadatan mulai tampak dari halaman parkir kendaraan yang penuh hingga pintu masuk terjadi antrean panjang kendaraan, baik roda dua maupun kendaraan roda empat.

Tambah Penerbangan

Beberapa maskapai penerbangan menambah jadwal terbang mereka untuk beberapa rute guna menanggulangi lonjakan penumpang menuju Pekanbaru, Riau, menjelang dimulainya perhelatan Pekan Olahraga Nasional ke XVIII/2012.

"Ada beberapa maskapai yang menambah jam terbang untuk jelang hingga usai PON Riau. Seperti Garuda Indonesia, Batavia, Lion Air, dan ada beberapa lagi," kata Airport Duty Manager Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Ibnu Hasan, di Pekanbaru, Kamis.

Ia menjelaskan, menambahan jadwal penerbangan khususnya untuk kedatangan itu sifatnya hanya sementara guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang berbagai wilayah jelang PON di Riau.

Untuk Maskapai Garuda Indonesia, demikian Ibnu, sebelumnya ada penambahan satu rute yakni Jakarta-Pekanbaru dan kemungkinan akan terus berlanjut hingga beberapa hari kedepan.

Sementara untuk Maskapai Lion Air, katanya, ada dua tambahan penerbangan, yakni rute Jakarta-Pekanbaru dan Surabaya-Pekanbaru.

Selanjutnya untuk Batavia, kata Ibnu, juga ada dua tambahan jadual penerbangan juga Jakarta-Pekanbaru dan Surabaya-Pekanbaru.

Selain penambahan jadual penerbangan umum, katanya, beberapa maskapai juga ada yang menyediakan pesawat carter juga rute Jakarta-Pekanbaru dan Surabaya-Pekanbaru.

"Untuk penerbangan pesawat carter itu, dimulai pada hari ini dan berlanjut hingga besok (Jumat, 7/9)," katanya.

Pesawat carter yang terjadwal hari ini, kata dia, ada dari Lion Air, Batavia, Sriwijaya dan Garuda Indonesia, katanya.

Bahkan, demikian Ibnu, untuk seluruh kursi yang disediakan kabarnya penuh, rata-rata penumpangnya adalah kontingen tiap cabang olahraga yang akan berlaga pada PON ke XVIII/2012.

Seluruh pesawat carter itu, katanya, tiba di Bandara SSK II Pekanbaru pada waktu yang berbeda. Seperti pesawat carter milik Batavia Air, kata dia, hari ini ada tiga rute penerbangan.

Mulai dari Pontianak-Pekanbaru yang terjadwal telah tiba sekitar pukul 10.50 WIB, kemudian rute sebaliknya yakni Pekanbaru-Pontianak pukul 13.00 WIB.

"Pesawat yang sama kemudian terjadwal akan kembali terbang dari Pontianak menuju Pekanbaru pada pukul 15.10 WIB," katanya.