Sepak Bola - PSPS Harus Mengungsi Untuk Tiga Partai Kandang

id sepak bola, - psps, harus mengungsi, untuk tiga, partai kandang

Pekanbaru, 19/9 (ANTARA) - Klub sepak bola PSPS Pekanbaru terpaksa harus mengungsi dalam melakoni sedikitnya tiga partai kandang menyusul belum layaknya stadion yang diajukan menggelar pertandingan Indonesia Super League (ISL).

"Sedikitnya akan ada tiga partai kandang PSPS yang akan digelar di Stadion Haji Agus Salim Padang dalam kompetisi ISL 2010-2011 yang dimulai pada 26 September mendatang," ujar Asisten Manajer PSPS, Dityo Pramono, di Pekanbaru, Minggu.

Menurutnya, kebijakan itu diambil menyusul diterimanya surat keputusan yang dikeluarkan PT Badan Liga Indonesia (BLI) dengan nomor 0091/A-08/BLI.3.1/IX/2010 tertanggal 8 September yang diteken Direktur Utama BLI Joko Driyono.

Dalam surat keputusan mengenai hasil verifikasi aspek infrastruktur klub PSPS itu menyebutkan, BLI menetapkan PSPS untuk pindah "home base" sementara ke Padang hingga 2 November 2010.

Surat yang dikeluarkan BLI itu juga menjawab surat yang dilayangkan manajemen PSPS terkait dengan pernyataan sebelumnya yang mengatakan Sport Centre Stadium di Kabupaten Kuantang Singingi (Kuansing), Riau tidak lolos verifikasi menggelar pertandingan ISL.

Bahkan, kata Dityo, klub yang berjuluk Asykar Bertuah itu diperbolehkan kembali menjamu tim-tim ISL di Kuansing, jika perbaikan terhadap berbagai kekurangan stadion pengganti Stadion Kaharuddin Nasution itu selesai dilakukan.

"Jadi bukan Kuansing tidak lolos verifikasi menggelar ISL, melainkan ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi untuk memakai stadion di Kuansing dan itu sudah kita lakukan," ujarnya.

Hanya saja hingga 16 Oktober 2010, Sport Centre Stadium digunakan untuk Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Riau dan permohonan kita untuk menggelar partai kandang tidak dikabulkan BLI, jelas Dityo.

Sebelumnya Sekretaris BLI, Tigor Shalom Boboy, menyatakan empat stadion tidak layak pakai untuk gelaran Liga Super Indonesia musim 2010-2011 yang akan dimulai 26 September mendatang.

Keempat stadion yang tak layak tersebut adalah Stadion Mattoangin Makassar, Stadion Kuansing Pekanbaru, Stadion Letjen Sudirman Bojonegoro, dan Stadion Pendidikan Wamena yang diusulkan oleh tim-tim PSM, PSPS, Persibo, dan Persiwa.

Empat stadion yang layak tetapi dengan syarat adalah Stadion Haji Agus Salim Padang, Stadion Persiba Balikpapan, Stadion Gelora Delta Sidoarjo, dan Stadion Persela Lamongan.