Jelang Pilkada 2024, polisi di Pekanbaru gaungkan persatuan lewat 'Minggu Kasih'

id Polresta Pekanbaru

Jelang Pilkada 2024, polisi di Pekanbaru gaungkan persatuan lewat 'Minggu Kasih'

Aparat kepolisian saat menyampaikan pesan Pilkada damai kepada masyarakat (ANTARA/HO-Polresta Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Polsek Pekanbaru Kota dan Polda Riau mendengar keluhan masyarakat setempat melalui kegiatan acara 'Minggu Kasih' yang mempertemukan langsung warga dengan aparat kepolisian, Minggu (13/10).

Selain untuk menciptakan suasana aman jelang Pilkada, acara ini menjadi ruang bagi warga untuk menyuarakan kekhawatiran, mulai dari isu keamanan hingga toleransi antarumat beragama.

Tak hanya mendengar keluhan, polisi juga memperkenalkan layanan-layanan baru untuk meningkatkan rasa aman di tengah masyarakat, sembari mengajak semua pihak menjaga persatuan di masa pemilu yang rentan perpecahan.

Ketua Tim Minggu Kasih, AKBP Romel Hutagaol yang juga Kabag RBP Biro Rena Polda Riau, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Polda Riau dalam mendekatkan diri dengan masyarakat dan mendengarkan aspirasi mereka.

“Kehadiran kami di sini adalah bentuk kasih dari Polda Riau untuk mendengarkan keluhan masyarakat dan mencari solusi bersama,” ujarnya.

Selama acara, AKBP Romel memperkenalkan aplikasi Super S App yang dikembangkan oleh Polri untuk mempermudah masyarakat dalam melaporkan tindak pidana.

Selain itu, Polda Riau juga rutin melakukan patroli Kamtibmas setiap malam Minggu, di mana masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan petugas patroli untuk menyampaikan aduan atau masalah terkait keamanan.

Dalam sesi tanya jawab, sejumlah warga mengangkat berbagai isu, termasuk toleransi beragama dan pemanfaatan alat pengeras suara di rumah ibadah.

Kasubdit Babinkamtibmas AKBP Razib, menekankan pentingnya menjaga komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait seperti Bhabinkamtibmas, RT, atau RW untuk menghindari kesalahpahaman.

"Selain itu, warga juga menanyakan tentang rehabilitasi bagi korban narkoba. Kami jelaskan bahwa ada pusat rehabilitasi yang tersedia, seperti lembaga di Lido, untuk memulihkan korban ketergantungan narkoba," ucapnya.

Kegiatan ini juga mengajak masyarakat untuk bersikap bijak dalam menghadapi Pilkada 2024 dan menjaga persatuan di tengah perbedaan pilihan politik. Polisi berharap program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya toleransi dan kedamaian selama proses demokrasi.

Kapolsek Pekanbaru Kota Kompol Herman Pelani, berharap kegiatan seperti ini dapat semakin mendekatkan kepolisian dengan masyarakat demi terwujudnya keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.