Sipetir Aman, komitmen nyata BBPOM di Pekanbaru mudahkan izin edar

id bbpom,bbpom pekanbaru,sipetir aman

Sipetir Aman, komitmen nyata BBPOM di Pekanbaru mudahkan izin edar

Peluncuran Sipetir Aman oleh BBPOM di Pekanbaru beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-BBPOM)

Pekanbaru (ANTARA) - Sejak diluncurkan 20 Juni 2023 Sinergi Pendampingan Terpadu Izin Edar yang Ramah Lingkungan (SIPETIR AMAN) BBPOM di Pekanbaru telah terbukti menunjukan dukungan secara nyata kepada UMKM di Provinsi Riau melalui kegiatan kolaboratif, yaitu layanan STARLING (Sertifikasi dan Informasi Keliling) melakukan intervensi perizinan terpadu jemput bola ke sentra oleh-oleh atau komunitas UMKM dengan menggandeng stakeholder (DPMPTSP Kota Pekanbaru, Kanwil Ditjen Pajak, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, BPJPH/Riau dan Bank Riau Kepri Syariah) untuk percepatan akses perizinan dan dukungan pembiayaan yang dibutuhkan UMKM.

Layanan STARLING dapat diakses melalui link https://bit.ly/LayananSTARLING atau scan QR Code

Pendampingan intensif oleh fasilitator yang berasal dari mahasiswa yang terlatih untuk membantu UMKM dalam penyusunan dokumen, rancang label dan upload dokumen secara elektronik serta Desk Registrasi Pelayanan Prima, merupakan kolaborasi BBPOM di Pekanbaru dengan Direktorat Registrasi Pangan Olahan BPOM untuk percepatan proses penerbitan izin edar. UMKM dibimbing langsung oleh Tim Evaluator.

Baca juga: BBPOM pecahkan rekor MURI tanam 10.000 tanaman obat

Serta Klinik UMKM, sebagai media digital berbasis web terintegrasi untuk memberikan informasi kepada UMKM terkait perizinan, pembiayaan, promosi dan kegiatan pendukung UMKM dari masing - masing stakeholder. Klinik UMKM BBPOM di Pekanbaru dapat diakses melalui link https://klinikumkm.bbpompekanbaru.id/ atau scan QR Code

Melalui SIPETIR AMAN dapat meningkatkan kecepatan penerbitan Izin Penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (IPCPPOB) rata - rata terbit hanya dalam hitungan jam dan terbit izin edar rata - rata 9 hari kerja sejak permohonan IP CPPOB diajukan oleh UMKM.

Keberhasilan SIPETIR AMAN tentunya tak lepas dari komitmen UMKM, Tim Sertifikasi BBPOM di Pekanbaru, Fasilitator Pendamping UMKM dan tentunya dukungan dari Direktorat Registrasi Pangan Olahan BPOM RI. Kecepatan penerbitan izin edar BPOM tentunya memberikan dampak positif terhadap tingkat layanan publik BBPOM Pekanbaru.

Tagline izin edar BPOM Mudah, Terjangkau dan Terukur tentunya dapat dirasakan secara nyata oleh pelaku usaha khususnya UMKM.

SIPETIR AMAN selain memberikan kemudahan akses perizinan, pembiayaan dan promosi juga meningkatkan kesadaran dan kepedulian UMKM dalam menjaga lingkungan dengan pemilahan limbah produksi agar dapat dimanfaatkan secara optimal (reduce, reuse dan recycle). SIPETIR AMAN, Ekonomi Tumbuh, Lingkungan Terjaga.

Baca juga: BBPOM di Pekanbaru tangani temuan Rp1,097 miliar