Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap pertama di Inhil berjalan lancar

id Wabup Inhil, syamsuddin uti, vaksin covid-19, inhil, tembilahan, kepala dinkes Inhil, dr Afrizal

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap pertama di Inhil berjalan lancar

Kasatpol Air Polres Inhil AKP Riski Hidayat saat melakukan cek kesehatan sebelum divaksin. (ANTARA/Adriah)

Tembilahan (ANTARA) - Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara serentak, Jumat, yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Syamsuddin Uti berjalan lancar.

“Vaksinasi ini tidak hanya dilakukan di Tembilahan saja, tetapi seluruh kecamatan se-Kabupaten Inhil. Pelaksanaan ini sesuai dengan arahan dari pemerintah dan harus kita laksanakan untuk mencegah COVID-19,” sebut Wabup Inhil, Suamsuddin Uti.

Ia meminta kepada masyarakat untuk ikut ambil andil dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut.

“Jangan ragu dan bimbang, Presiden Jokowi sudah terlebih dahulu memulai untuk divaksinasi,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Afrizal mengatakan bahwa seluruh kecamatan juga melakukan vaksinasi.

“Alhamdulillah vaksinasi sudah selesai dilakukan dengan pembukaan oleh 10 orang dan selanjutnya seluruh UPT Puskesmas yang ada di Inhil melaksanakan vaksinasi secara serentak,” ungkapnya.

Mantan Direktur Rumah Sakit Raja Musa Sungai Guntung ini juga menerangkan bahwa vaksinasi digelar di seluruh UPT Puskesmas di Kabupaten Inhil.

Pemkab Inhil sudah mengirimkan 5.400 dosis vaksin COVID-19 dan menunjuk 30 puskesmas untuk melaksanakan vaksinasi perdana tersebut. Masing-masing puskesmas terdapat vaksinator yang sudah terlatih dan andal.

“Simulasi sudah kita gelar sejak kemarin dan hasilnya kita sudah seratus persen melaksanakan vaksinasi perdana,” ujarnya.

Untuk kelancaran vaksinasi seluruh puskesmas yang ditunjuk sudah dikirim dosis vaksin dengan tujuannya agar pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar sesuai jadwal.

“Yang terpenting nakes dulu, karena mereka yang bersentuhan langsung dengan pasien corona. Untuk instansi pelayanan masyarakat bisa menyusul gelombang berikutnya, nanti masing-masing UPT Puskesmas akan melaporkan rekap vaksinasi yang telah dilaksanakan,” pungkasnya.

Baca juga: 5.440 dosis vaksin COVID-19 tiba di Inhil, begini rencana selanjutnya