5.440 dosis vaksin COVID-19 tiba di Inhil, begini rencana selanjutnya

id Bupati Inhil, Muhamamd Wardan,Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan,Kapolres Inhil,Pasi Ops Kodim 0314/Inhil, Kapten Inf Tarmizi,vaksin covid 19,vaksinasi

5.440 dosis vaksin COVID-19 tiba di Inhil, begini rencana selanjutnya

Bupati Inhil, Muhamad Wardan (berkopiah) saat melihat kedayangan 5.440 vaksin COVID-19. (ANTARA/Adriah)

Indragiri Hilir (ANTARA) - Sebanyak 5.440 dosis vaksin COVID-19 produksi PT Biofarma tiba di Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, dan disambut langsung oleh Bupati Muhamamd Wardan. Selasa.

“Alhamdulillah, vaksin sebanyak 5.440 dosis sudah selamat sampai di Kabupaten Inhil dan kami juga sudah menyiapkan tempat penyimpanannya sesuai dengan prosedur, terutama menyangkut masalah suhu penyimpanannya,” sebut Bupati Inhil, Muhammad Wardan.

Wardan menuturkan bahwa yang menjadi prioritas adalah tenaga kesehatan (Nakes) yang menjadi garda terdepan melawan COVID-19 dan nantinya para Nakes akan divaksin dua kali.

“Aturannya nanti adalah satu nakes akan mendapatkan dua kali suntikan (vaksin) Sinovac. Untuk tenaga kesehatan yang ada di Inhil sebanyak kurang lebih 3.200 Nakes, ini juga vaksinnya masih kurang," ujar Bupati Wardan.

Wardan belum bisa menjelaskan kapan pastinya pelaksanaan vaksinasi di Inhil. Karena, masih menunggu petunjuk dari BPOM dan Dinkes Riau. “Pelaksanaannya KITA akan menunggu petunjuk,” sebutnya.

Bupati dua periode ini juga menjamin kemanan 5.440 dosis vaksin COVID-19 tersebut. Dimana, vaksin tersebut akan ditempatkan di UPTD Instalasi Farmasi.

"Selama menunggu pendistribusian ke kecamatan, vaksin ini akan dijaga secara ketat oleh petugas keamanan dan dari Dinkes. Kami juga sudah koordinasi dengan PLN agar jangan sampai ada pemadaman listrik disini karena menyangkut suhu ruang penyimpanan," tuturnya.

Di tempat tersebut vaksin ditempatkan di ruangan yang diatur suhunya berkisar 2 hingga 8 derajat Celsius untuk menjaga kualitas vaksin.

Sementara itu, Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan menerangkan bahwa TNI dan polri siap melakukan pengamanan vaksin COVID-19 tersebut selama 24 jam.

"Kami dari TNI dan Polri siap melakukan pengamanan vaksin selama berada di Tembilahan dan pendistribusian kesetiap kecamatan. Dalam pengamanan tiga personil dari Polres Inhil dan tiga personil dari Kodim," tutur Dian didampingi Pasi Ops Kodim 0314/Inhil, Kapten Inf Tarmizi.

Baca juga: Riau sudah terima 69.480 dosis vaksin COVID-19, begini penjelasannya

Baca juga: 4.080 vaksin COVID-19 tiba di Inhu

Baca juga: 2.474 nakes dan tokoh di Riau sudah disuntik vaksin COVID-19, begini penjelasannya