Sejumlah objek wisata Inhu kurang terawat

id Sejumlah objek wisata Inhu kurang terawat,wisata inhu, inhu,pariwisata inhu

Sejumlah objek wisata Inhu kurang terawat

Danau Raja. (ANTARA/

Rengat (ANTARA) - Sejumlah objek wisata di Indragiri Hulu dinilai semakin kurang terawat seperti Danau Raja, Ruang Terbuka hijau, Daerah Aliran Sungai (DAS) karena banyak banyak ditumbuhi rumput liar.

"Ini harus mendapat perhatian dari instansi terkait, agar Inhu tetap menjadi indah," kata salah satu masyarakat Indragiri Hulu Windi (34) di Rengat, Selasa.

Puluhan objek wisata yang berapa di Kota Rengat, Pematang Reba akhir-akhir ini terlihat kurang mendapat perhatian dan perawatan sehingga terkesan kurang nyaman dan mempengaruhi keindahankota.

Danau Raja, sebuah danau alami terletak persis di dalam Kota Rengat merupakan tempat rekreasi dan bersantai yang populer untuk penduduk kota karena alamnya indah. Selain mudah dijangkau, selama ini lokasi sering dikunjungi warga.

"Saat ini kurang terawat, pinggir jalan, posisi pagar yang baru dibangun berjajar tumbuh beragam jenis rumput dan tananan liar," terangnya.

Masyarakat pencinta alam Indragiri Hulu,Alhamra, juga menyebutkan, walaupun dalam kondisi pandemicorona sebaiknya kebersihan dan keindahan kota tetap terawat apalagi merupakan objek wisata.

Ia juga menjelaskan bahwa, situs cagar budaya berupa makam raja-raja yang berada di beberapa tempat, seperti Makam keturunan Raja Indragiri, M Saleh, di Desa Tambak, Pusara Raja Narasinga II di Desa Kota Lama, Pusara Raja Japura dan pejabat keuangan kerajaan dan Datuk Bendahara perlu tetap dilestarikan.

Selain itu, objek wisata yang menarik juga termasuk, Istana Kerajaan Indragiri di Rengat, seperti hanya sebuah bangunan tanpa penghuni, sementara manfaatnya sangatlah banyak. "Sudah saatnya Inhumeningkatkan kunjungan wisatawan kedepannya," katanya.

Bahkan ujarnya, terlihat sepanjang DAS Indragiri Hulu, khusunya Kota Rengat, sudah kurang terurus. Hal ini dapat menggaggupemandangan karena banyak tumbuhan liar yang tak sedap di mata.

Baca juga: Pemkab Inhu optimalkan sejumlah objek wisata

Baca juga: Menenangkan pikiran di Danau Raja yang indah

Baca juga: Hanya Sedikit Diketahui Wisatawan Nusantara, Pengelolaan Objek Wisata Inhu Perlu Dioptimalkan