Peserta MTB RCC jelajahi objek wisata di Batang Gansal Inhu

id Rengat,Indragiri Hulu

Peserta MTB RCC jelajahi objek wisata di Batang Gansal Inhu

Bupati Inhu Buka MTB- RCC 2023 di Batang Gansal.(ANTARA/dok)

Rengat (ANTARA) - Ratusan pesertaMountain Bike Race Cross Country se-Sumatera menjelajahi kawasan objek wisata di Batang Gansal, Indragiri Hulu, Minggu pagi kemarin.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi pada saat pelepasan peserta MTB-RCC tahun 2023 mengatakan, olah raga jelajah hutan dan perbukitan kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) menempuh jarak sepanjang puluhan kilometer.

"Untuk itu, semangat dan sportivitas peserta sangat dibutuhkan agar semua berjalan lancar," kata Bupati Rezita.

Adapun rute jelajah keindahan alam Inhu dimulai dari Kantor Camat Batang Gansal - Camping Ground Batang Gansal.

MTB Race Country tersebut terdiri dari dari tiga kelas yakni Race Junior, Race Man Master, dan Race Adventure.

Pemkab Indragiri Hulu mengekspos dan promosikan objek wisata andalan melalui sejumlah program, salah satunya adalah MTB-RCC 2023.

"Saya berharap, agar acara ini menjadi ajang silaturahmi para pecinta sepeda dan promosi objek wisata," ujarnya.

Bahkan, Bupati Rezita juga menjelaskan bahwa track yang akan dilalui merupakan area kawasan TNBTyang terkenal dengan keragaman flora dan faunanya.

Puluhan lokasi indah dan taman hutan yang unik serta melihat dan menjumpai keramahan penduduk suku Talang Mamak di sepanjang perjalanan tersebut.

Sedangkan, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata ( Disporapar) Kabupaten Indragiri Hulu Atan mengatakan, acara MTB-RCC dilaksanakan di kawasan TNBT dengan lebih dari 400 peserta.

"Ini adalah cara untuk mengenalkan objek wisata Inhu kesemua orang, dan ajang jalin persaudaraan," sebutnya.

Setelah ivenMTB-RCC berlangsung, panitia memutuskan beberapa orang sebagai juara.

Untuk MTB - RCC pada kelas race junior keluar sebagai juara pertama atas nama Muhammad Fachri nouval Barkah dari komunitas sepeda Cycling Jambi, juara dua atas nama Kaisar dari komunitas sepeda Cycling Jambi, dan juara ketiga atas nama M fahrul dari komunitas sepeda Tuntun Racing Kampar.

Serta, untuk kelas Race Man Master (RMM) juara pertama Marlis santoso dari komunitas sepeda Spartan Pekanbaru, juara kedua Hendri dari komunitas sepeda Tuntun Racing Kampar, dan juara ketiga Bahrul Ulumsyah dari komunitas sepeda IBC Indragiri Hulu.