Pemkab Inhu optimalkan sejumlah objek wisata

id wisata inhu, advetorial inhu

Pemkab Inhu optimalkan sejumlah objek wisata

Salah satu obyek wisata di Kabupaten Inhu. (ANTARA/Asripilyadi)

Rengat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu melakukan berbagai strategi dalam rangka mengoptimalkan sejumlah objek wisata, misalnya dengan membangun fasilitas pendukung, promosi dan membentuk kelompok pencinta pariwisata.

"Bupati menginginkan semua objek wisata menjadi target kunjungan wisatawan nasional," kata Plt Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga Pariwisata Indragiri Hulu Syahrizar melalui Kepala Bidang Pariwisata Lishaizar di Rengat, Jumat.

Ia menyebutkan, sejumlah objek wisata yang menjadi prioritas pengembangan dan peningkatan di antaranya Danau Raja, Danau Meduyan, makam Raja Indragiri, air terjun, serta pacu sampan karena dinilai memiliki nilai ekonomi dan sejarah yang tinggi

Adapun yang dilakukan oleh instansi terkait adalah peningkatan infrastruktur jalan untuk mempermudah pengunjung berkunjung. Selanjutnya sarana pendukung kualitas misalnya tempat beristirahat, arena bermain yang standar serta promosi ke berbagai daerah, sehingga dapat dikenal secara luas.

Dinas Kepemudaan, Olah raga dan Pariwisata juga menggandeng sejumlah organisasi dan kelompok/mahasiswa pencinta pariwisata agar promosi berjalan optimal. Namun demikian, kita tetap berharap dukungan dari berbagai perusahaan dan masyarakat di lokasi wisata.

"Di lokasi objek wisata juga sering digelar berbagai iven, pengunjung dapat memanfaatkan untuk berselfi ria," ujarnya.

Wisata danau di Kabupaten Inhu. (ANTARA/Asripilyadi)


Kepala Bidang Pariwisata Lishaizar menambahkan, tahun 2019 semua kegiatan di bidang pariwisata berjalan lancar. Setiap tahun, perhatian anggaran untuk mengembangkan aset daerah terus meningkat, untuk 2020 optimalisasi sarana objek wisata tetap dilaksanakan.

Pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan Bujang Dara, acara pacu sampan di tiga rayon baik Batang Peranap, Pasir Sialang Jaya dan Danau baru.

"Kami berharap dukungan semua pihak, agar target tercapai," pintanya.

Danau Raja misalnya merupakan salah satu objek wisata favorit saat ini menjadi andalan Inhu karena selain berada di tengah kota, juga hemat biaya.

Tidak semua daerah di Indonesia yang memiliki objek wisata di tengah kota, ada nilai sejarah tinggi, Inhu salah satunya karena itu yang menjadi target dan agar dikenal luas dapat dikunjungi ribuan wisatawan dunia.
Wisata Pacu Sampan di Inhu (ANTARA/Dok Inhu)


Target yang dimaksud adalah bagaimana kedepan sejumlah objek wisata ini dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat, membuka peluang kerja, mendatang investor.

Untuk mencapai itu tentu penting kerja keras, promosi optimal dan bekerja sama dengan daerah lain, seperti yang dilakukan oleh instansi terkait di beberapa kota dan kabupaten tetangga.

"Mari berkunjung ke Inhu, puluhan aset daerah bernilai tinggi, objek wisata menyapa dunia," terang Kabid.

Sekretaris Daerah (Sekda) Indragiri Hulu Hendrizal mengatakan, Inhu sangat banyak objek wisata karena itu perlu dikembangkan secara maksimal.

"Kita akan tingkatkan aset daerah ini agar lebih baik," ujar Sekda.

Jika terkelola dengan baik seperti Danau Raja yang merupakan objek wisata andalan, maka wisatawan luar daerah akan datang berkunjung.

(Advetorial)