Kompetisi vidio kreatif APPI 2023, Inhu peringkat 8 nasional

id Rengat,Indragiri Hulu,Wisata inhu

Kompetisi vidio kreatif APPI 2023, Inhu peringkat 8 nasional

Staf ahli Bupati Inhu bidang perekonomian Inhu saat menerima penghargaan. (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Kabupaten Indragiri Hulu meraih peringkat ke-8 nasional pada ajang Kompetisi Lomba Vidio Kreatif Bangga Berwisata Indonesia yang ditaja oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Indonesia.

"Penghargaan itu diberikan di Jakarta dalam acara Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) Tahun 2023, di Jakarta, Senin (17/7) kemarin," kata Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Inhu Joni Maryanto di Rengat, Selasa.

Tim penilai melaksanakan program tersebut pada Maret - Juni 2023 lalu. Pemkab Indragiri Hulu sendiri membuat vidio kreatif tentang objek wisata Danau Raja.

"Penilaian itu selama empat bulan, dengan peserta 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota se-Indonesia," sebutnya.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga S.Uno

Dalam sambutannya, Sandiaga S.Uno sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan Lomba Video Kreatif Bangga Berwisata di Indonesia.

Karena, kegiatan Ini dapat menunjang pariwisata yang ada di daerah Indonesia dan khususnya Indragiri Hulu, dan itu adalah bagian dari promosi objek wisata sebab akan menunjang kunjungan wisatawan dan mendongkrak ekonomi masyarakat.

Sebagaimana yang selalu dikatakan oleh Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi bahwa pariwisata Indragiri Hulu harus dikenal luas hingga ke manca negara. Khususnya objek wisata Danau Raja Kota Rengat yang berada di perkotaan, mudah dijangkau, aman, asri.

Optimalisasi promosi dan mengikuti berbagai ajang yang dilaksanakan secara nasional atau dunia harus menjadi perhatian khusus dan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Sebab, potensi sejumlah objek wisata di Indragiri Hulu sangat menarik, alami dan memiliki sejarah yang berpotensi untuk berbagai kepentingan. Sehingga sangat layak untuk dikunjungi wisatawan nasional.

Hal ini juga disebutkan oleh M Ikhwan bahwa seluruh objek wisata Indragiri Hulu sangat berpotensi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Sebab, objek wisata religi, alam dan seni budaya yang ada memiliki ciri khas sendiri.

Seperti, objek wisata alam ada Danau Raja, Danau Meduyan, Danau Kembar, Air Terjun dan Sungai Indragiri. Begitu juga dengan objek wisata religi yakni ada rumah adat, rumah tinggi, makam raja raja dan kampung Mufhti. Bahkan ada objek wisata seni budaya diantaranya seni tari, rentak Bulian, prosesi pernikahan adat melayu.