Pertamina Dumai Normalisasi Parit Warga Atasi Banjir

id PERTAMINA DUMAI,DUMAI

Parit warga di Kelurahan Tanjung Palas, Dumai, usai normalisasi oleh PT Pertamina. (Antaranews/Abdul Razak)

Dumai (Antaranews Riau) - Pertamina RU II Dumai laksanakan kegiatan normalisasi parit di dua ruas jalan untuk mengatasi banjir dan membangun jaringan penerangan jalan umum di Kelurahan Tanjung Palas, senilai total Rp225 juta.

Unit Manager Communication & CSR RU II Muslim Dharmawan mengatakan, kegiatan normalisasi parit ini bentuk dukungan upaya mengatasi persoalan banjir di sekitar pemukiman warga, dan dijalankan setelah ada hasil tinjauan tim, sekaligus menjawab aspirasi masyarakat.

"Dalam pekerjaan normalisasi ini kita melibatkan pemerintah kelurahan dan lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan, juga sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan," kata Muslim, Rabu.

Baca juga: Pertamina Sukses Lifting Perdana Minyak Mentah Blok Rokan

Sedangkan program bantuan jaringan penerangan jalan umum, Pertamina membangun di 18 titik ruas jalan stategis di Kelurahan Tanjung Palas, yaitu, Jalan Bandes, Budi dan Parit Taman, agar dapat menerangi aktivitas masyarakat pada malam hari dan memberi dampak baik dengan pertumbuhan usaha kuliner masyarakat di lingkungan pemukiman sekitar.

Hingga Januari 2019 ini, progres PJU sudah pada pemasangan kabel di seluruh titik, dan selanjutnya dilakukan instalasi lampu jalan yang akan dikoordinasikan dengan instansi pemerintah terkait, ditarget penerangan dapat dinikmati masyarakat pada Februari 2019.

"Program ini dilaksanakan untuk dapat mendukung upaya pemerintah menciptakan kondisi lingkungan umum lebih baik, dan kita berharap keberadaan dan operasional kilang minyak bermanfaat dan dapat dukungan masyarakat," sebutnya.

Program sosial lain dijalankan Pertamina di Kelurahan Tanjung Palas ialah dengan menggelar rutin tiap dua bulan pemeriksaan kesehatan gratis bagi ratusan warga sekitar, untuk pengecekan dan mengurangi dampak debu dari operasional kilang minyak.

Baca juga: Rumah Tahfidz Pertamina Dumai Cetak Penghapal Alquran

Lurah Tanjung Palas Anggi Sukma Buana menyatakan apresiasi atas respon baik Pertamina menjawab aspirasi masyarakat terkait kondisi infrastruktur parit lingkungan pemukiman, penerangan jalan umum serta pengecekan kesehatan.

Meski baru menjabat tiga bulan, Lurah Anggi mengaku koordinasi dan sinergi dengan Pertamina sangat baik, terbukti aspirasi warga cepat ditanggapi, sehingga telah membantu masyarakat setempat dari segi perbaikan infrastruktur, penerangan jalan dan kesehatan.

"Kepedulian pertamina ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, dan pemerintah kelurahan berharap warga tidak lagi membuang sampah sembarangan sehingga banjir dapat diatasi," kata Lurah Anggi.

Kelurahan Tanjung Palas, lanjutnya, akan sosialisasikan kesadaran pengelolaan sampah dan peduli terhadap lingkungan, kemudian mengusulkan pembangunan tempat pembuangan sampah ke Pertamina dan sejumlah perusahaan swasta lain, karena belum tersedia TPS.

Baca juga: Pertamina Dumai raih penghargaan lingkungan proper hijau
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar