Danlanal Dumai Tabur Bunga Peringati Hari samudra

id lanal dumai,hari samudera,danlanal dumai

Danlanal Dumai Tabur Bunga Peringati Hari samudra

Komandan Pangkalan TNI AL Dumai Kolonel (Laut) Agung Jaya Saktika melepas karangan bunga dan menabur bunga di laut dari atas Kapal Perang RI Tedung untuk memperingati Hari Samudera Tahun 2019. (Antaranews/Abdul Razak)

Dumai (Antaranews Riau) - Komandan Pangkalan TNI AL Dumai Kolonel (Laut) Agung Jaya Saktika melepas karangan bunga dan menabur bunga di laut dari atas Kapal Perang RI Tedung untuk memperingati Hari Samudera Tahun 2019, Selasa.

Pelepasan karangan bunga dan tabur bunga ini satu rangkaian upacara peringatan Hari Samudera ke-57 oleh Lanal Dumai, dihadiri Wali Kota Zulkifli As, Komandan Kodim 0320 Letkol (Inf) Horas Sitinjak, dan sejumlah perwakilan unsur pimpinan daerah.

Kolonel Agung mengatakan, upacara digelar secara khidmat dan sederhana dengan berlayar ke laut diatas KRI Tedung ini untuk mengenang pertempuran patriot bangsa yang gugur dalam pertempuran di Laut Arafuru pada 15 Januari 1962 silam.

"Upacara ini bentuk penghormatan pada pahlawan yang telah berkorban dan gugur, sekaligus mengenang peristiwa di laut arafuru 57 tahun silam," kata Danlanal Agung membacakan amanat Kasal Laksmana TNI Siwi Sukma Adji.

Dijelaskan, pertempuran Laut Arafuru adalah peristiwa heroik dalam sejarah Bangsa Indonesia, karena tiga kapal cepat TNI AL yaitu RI Harimau, RI Matjan Tutul dan RI Matjan Kumbang berjibaku melawan kapal dan pesawat angkatan laut Belanda.

Tiga kapal RI ini diketahui mengemban misi infiltrasi atau penyusupan mendaratkan pasukan angkatan darat di Timur Kaimana sebagai langkah awal perjuangan Trikora.

"Pertempuran penuh semangat di laut arafuru beri keteladanan sejati tentang nilai dan semangat kejuangan, yaitu sikap kesatria, rela berkorban dan tak pernah gentar melawan musuh dalam mempertahankan wilayah dan kedaulatan negara," sebutnya.

Melalui peringatan Hari Samudera 2109 ini, nilai nilai kejuangan harus diwarisi oleh seluruh prajurit TNI AL agar tetap tegar dan pantang menyerah menghadapi berbagai tantangan.

Ditambah lagi, perkembangan teknologi pesat saat ini tantangan semakin kompleks, dan pemimpin TNI AL percaya dan yakin bahwa sikap dan jiwa patriotisme prajurit tetap terjaga.

"Prajurit ditekankan untuk meneladani nilai kejuangan patriotisme dan kepahlawanan yang diwariskan para pendahulu untuk mewujudkan TNI AL profesional dan modern serta berkemampuan," demikian Danlanal Kolonel Laut Agung Jaya Sartika.