Pekanbaru tuan rumah Jamnas ke-13 Teruci 2024, budaya Melayu ditonjolkan

id teruci,teruci chaplaku,jamnas teruci,jamnas ke-13,jamnasteruci

Pekanbaru tuan rumah Jamnas ke-13 Teruci 2024, budaya Melayu ditonjolkan

Pekanbaru (ANTARA) - Kota Pekanbaru menjadi tuan rumah Jambore Nasional (Jamnas) ke-13 Terios Rush Club Indonesia (Teruci) yang berlangsung pada 9-11 Februari 2024 di Ibu Kota Provinsi Riau ini.

Kumendan Teruci Chapter Lancang Kuning Riau Dody Irwandi di Pekanbaru, Kamis, menyebutkan Jamnas kali ini diikuti sekitar 13 chapter Teruci dengan peserta lebih dari 140 orang.

"Kalau dihitung dengan anggota keluarga member Teruci yang ikut bisa mencapai lebih dari 240 orang," kata Dody.

Dia mengatakan dalam helatan kali ini budaya Melayu akan lebih ditonjolkan mengingat gelaran dilakukan di Kota Pekanbaru sebagai "Homeland of Melayu". Budaya Melayu akan lebih terlihat saat pencak silat khas Melayu menyambut tamu undangan dengan diiringi tabuhan kompang, semacam alat musik rebana saat acara puncak di sebuah hotel di Pekanbaru.

Selanjutnya, ada berbagai tarian hiburan khas Melayu yang akan disajikan saat meramaikan acara. "MC-nya pun tentu saja yang bergaya Melayu agar suasananya dapat," kata Dody.

Selain itu, para istri peserta dari Chapter Lancang Kuning juga akan berbusana khas Melayu sehingga nuansa tradisional dalam acara ini lebih mengena. "Selamat datang ke Bumi Lancang Kuning Om-om dan Tante-tante sekalian," sambut Dody.

Dalam Jamnas ke-13 ini akan menampilkan beragam kegiatan diantaranya tabur benih ikan di Sungai Siak, pertandingan badminton, tenis meja, kontes kendaraan dan aneka kegiatan lainnya yang didukung oleh sponsor antara lain Daihatsu Capella Medan, Lupromax Oil, Queen Shine, dan lain-lain.

Para peserta sendiri dijadwalkan mulai tiba di Pekanbaru mulai Jumat (9/2) pagi dengan menggunakan kendaraan, seperti dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Yogyakarta dan berbagai daerah lainnya. Selamat ber-Jamnas semoga makin solid, guyub dan eksis.

Baca juga: Chaplaku siap meriahkan Jamnas ke-12 Teruci di Purwokerto, dibekali rendang

Baca juga: Teruci Chaplaku turut meriahkan Festival Pacu Jalur 2023 di Kuansing