Lanal Dumai sukses kibarkan Merah Putih di titik 74 bawah laut Beting Aceh Rupat

id Lanal Dumai, HUT RI

Lanal Dumai sukses kibarkan Merah Putih di titik 74 bawah laut Beting Aceh Rupat

Pelaksanaan upacara pengibaran Bendera Merah Putih dibawah laut oleh Lanal Dumai, Rabu. (ANTARA/dok)

Dumai (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai sukses mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut Perairan Pantai Beting Aceh Rupat Utara Kabupaten Bengkalis di kedalaman sekitar 5 meter, dalam rangka perayaan Dirgahayu Republik Indonesia ke - 77, Rabu.

Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Lanal Dumai ini menjadi titik ke 74 dari 77 seluruh Indonesia yang dilaksanakan serentak oleh TNI Angkatan Laut RI pada peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

TNI AL mengusung tema pada perayaan HUT Kemerdekaan Tahun 2022 ini yaitu "Membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat", dan Pulau Beting Aceh Rupat Bengkalis Riau menjadi salah satu titik lokasi pengibaran bendera.

Pasukan pengibar Bendera Merah Putih di bawah laut ‎Rupat Utara ini terdiri, Komandan Upacara Peltu Mar Sukri, dengan anggota Sertu Jas Johan Untung, Serda TTG Aldef Priadi dan Serda Bah Jabbar S Nur Aras dari Lanal Dumai, dan dibantu dua personel Badan SAR Pekanbaru yaitu Agus Suprianto bersama Frans Leo Pratama.

Sedangkan prosesi pengibaran Bendera Merah Putih dibawah laut ini, diawali dengan Upacara Peringatan HUT RI ke 77 dengan ‎Inspektur Upacara Perwira Staf Operasi Lanal Dumai Kapten Laut (P) Sony Erfianto, Perwira UpacaraDanposal Tanjung Medang Letda Laut (P) Tuko Wijaya, dan Komandan Upacara Peltu Mar Sukri.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P)‎ Stanley Lakahena melalui Pasops Kapten Laut (P) Sony Erfianto mengatakan bahwa TNI AL melaksanakan kegiatan pengibaran bendera dibawah air dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 pada 17 Agustus 2022.

Kegiatan pengibaran bendera merah putih dibawah air dilaksanakan serentak di 77 titik di seluruh Indonesia sesuai instruksi dari Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono ini terpusat di Perairan Kepulauan Seribu, dengan semangat membangun kejayaan maritim.

"Lanal Dumai bersama pimpinan daerah dan Basarnas berhasil mengibarkan bendera merah putih di titik 74 dibawah laut Rupat Utara oleh empat prajurit Lanal Dumai, dan dua dari Basarnas dengan kedalaman sekitar 5 meter dengan kondisi air tidak begitu jernih," kata Sony.

‎Sementara, Komandan Upacara Bawah Laut Peltu Mar Sukri mengaku bangga dan menjadi suatu kehormatan bisa menjadi komandan upacara pengibaran bendera merah putih perdana di Riau.

"Walaupun kondisi air di bawah laut masih keruh, karena memang di Riau ini air laut yang paling jernih itu di Beting Aceh, namun pengibaran bendera merah putih berhasil dilaksanakan," sebutnya.

Info tambahan, Bendera Merah Putih berkibar di pulau tak berpenghuni dan paling luar dekat dengan perbatasan Indonesia - Malaysia, yaitu di Pantai Beting Aceh Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka sebagai jalur pelayaran tersibuk.