Percepat vaksinasi, petugas jemput bola ke rumah warga lansia

id polres meranti, covid meranti, meranti, covid riau, covid19 riau

Percepat vaksinasi, petugas jemput bola ke rumah warga lansia

Petugas saat menjemput salah satu lansia di Kepulauan Meranti untuk diberikan vaksinasi COVID-19. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Pekanbaru (ANTARA) - Polres Kepulauan Meranti bersama jajaran TNI membantu petugas untuk melakukan vaksinasi kepada warga lanjut usia (lansia) di Kecamatan Tebingtinggi dan Tebingtinggi Barat dengan sistem door to door atau jemput bola menggunakan mobil dan membawanya ke puskesmas terdekat.

Sistem jemput bola ini dilakukan untuk mempercepat vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Meranti. Menurut keterangan Tim Gugus Tugas COVID-19 Kepulauan Meranti, masih banyak warga khususnya yang berusia lanjut enggan untuk divaksinasi dengan beragam alasan.

Kebijakan itu pun sejalan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti yang menjemput bola dengan melakukan vaksinasi terhadap ribuan warganya di setiap kecamatan. Hal ini pun merupakan bentuk komitmen bersama dalam membebaskan masyarakat dari virus COVID-19.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito yang memimpin percepatan vaksinasi di Kecamatan Tebingtinggi dan Tebingtinggi Barat mengerahkan seluruh jajaran Bhabinkamtibmas, untuk mengantar dan menjemput lansia di rumah masing-masing. Langkah ini pun terbukti lebih efektif.

"Dari hasil evaluasi pelaksanaan vaksinasi, masih sangat sedikit jumlah lansia yang diberikan vaksin. Kebanyakan mereka para lansia hanya menunggu untuk dijemput," kata Eko, Sabtu (29/5).

Baca juga: Timbulkan kerumunan, pesta pernikahan di Meranti dibubarkan

Baca juga: Kapten tugboat tenggelam terseret arus laut di perairan Meranti


Ia mengakui belum ada melihat petugas yang mengetuk pintu rumah warga lansia untuk dibawa ke puskesmas. Karena untuk bisa mencapai angka vaksinasi yang tinggi bagi lansia, maka pastikan prioritas yang vaksin itu mereka.

"Untuk itu, hari ini jangan jadi rombongan sirkus yang tidak memberikan solusi," tegas dia.

Dikatakan Kapolres, langkah yang dilakukannya pun disambut baik masyarakat. Bahkan mereka senang karena tidak perlu bersusah payah ke lokasi vaksin dan tidak menunggu antrian.

"Ini bentuk kontribusi kita untuk mempercepat vaksinasi, door to door kepada warga. Ini akan terus kita mobilisasi, dan kita sudah siapkan personel serta sarana dan prasarananya," ucapnya.

Jika melihat capaian imunisasi vaksin tersebut, Kapolres meyakinkan dalam waktu dekat ini tim medis akan mampu menyelesaikan target yang sudah ditetapkan pemerintah provinsi dan pusat.

Ia menuturkan hal ini semua tidak terlepas dari atensi, dedikasi, dan pengabdian jajaran di lapangan. Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat akan memberikan bakti yang tulus bagi orang tua.

"Mereka tidak lain yakni lansia yang menjadi sasaran imunisasi vaksin untuk pencegahan penularan COVID-19. Kami akan terus menjemput dan mengantar para orang tua kita semua. Dari rumah masing-masing menuju sarana vaksinasi atau puskesmas terdekat,” tuturnya.

Baca juga: Polisi Meranti patroli ingatkan nelayan soal prokes dan peniadaan mudik