Dana desa tak sebesar dulu, Gubri minta kades kembangkan desa wisata

id gubernur riau,desa wisata,berita riau antara,berita riau terbaru

Dana desa tak sebesar dulu, Gubri minta kades kembangkan desa wisata

Gubri Syamsuar.(ANTARA/HO-Pemprov Riau)

PEKANBARU, (ANTARA) - Gubernur RiauSyamsuar menginginkan Kepala Desa (Kades) se-Provinsi Riau untuk menggerakkan desa wisata sebagaimana arahan dari Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno.

Ia mencontohkan, salah satu desa wisata di Provinsi Riau yang saat ini sedang berkembang dan sedang tren. Yakni wisata Air Terjun Batu Tilam di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar.

"Artinya sekarang bagaimana menteri pariwisata menggerakkan bukan pariwisata yang biasa, tapi menggerakkan desa wisata agar tumbuh pariwisata domestik," katanya, Selasa.

Syamsuar menerangkan, dengan adanya wisata domestik ini akan bisa membuat ekonomi daerah menjadi maju, meningkatkan pendapatan desa dan lain-lainnya. Pihaknya sendiri telah banyak juga berkunjung ke desa wisata, yang mana mampu meningkatkan perekomian dan taraf hidup masyarakat di desa tersebut.

Untuk itu Gubri mengimbau seluruh pemerintah desa untuk merubah pola pikirnya. Tidak bisa lagi seperti biasa dengan menunggu dana desa, karena belum tentu dana desa masih bisa sebesar sekarang ini.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak Kades se-Riau untuk ikhtiar mengembangkan desa wisata ini sehingga mampu menggerakkan ekonomi desa. Pasalnya sekarang ini memang masih ada dana desa, tapi belum tentu bisa sama besarnya dengan yang sebelumnya.

"Mau salahkan siapa? Negara sekarang seperti itu. Tidak perlu salahkan ke mana-mana, tapi kita harus ada ikhtiar. Ikhtiarnya dimana? Dengan menggerakkan ekonomi desa," ucapnya.

Baca juga: Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar sosialisasikan prioritas Dana Desa 2021

Baca juga: Bupati Bengkalis Syahrial Abdi serahkan BLT Dana Desa di Rupat Utara

Baca juga: Dana Desa sebesar Rp30,1 Triliun telah terserap per 7 Oktober 2020
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar