Bupati Bengkalis Syahrial Abdi serahkan BLT Dana Desa di Rupat Utara

id Pemkab Bengkalis,BLT,rupat utara,berita riau antara,berita riau terbaru

Bupati Bengkalis Syahrial Abdi serahkan BLT Dana Desa di Rupat Utara

Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi menyerahkan bantuan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa kepada masyarkat di Kecamatan Rupat Utara.

Bengkalis (ANTARA) - Penjabat Bupati Bengkalis Syahrial Abdi menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa se-Kecamatan Rupat Utara, Kamis (15/10)..

Syahrial Abdi mengatakan program bantuan jaringan sosial melalui BLT Dana Desa diiambil dari sebagian dana desa. Hal tersebut merupakan petunjuk yang telah disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir.H. Joko Widodo melalui Menteri Desa yang diatur dalam Peraturan Menteri Desa No. 6 tahun 2020.

"Besaran dana penyaluran tahap I sampai III sebesar Rp.600.000.,-/Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan penyaluran tahap IV s/d VI sebesar Rp.300.000.,/ KPM. Hal ini perlu kami sampaikan agar kedepannya tidak terjadi kesalahpahaman antara masyarakat penerima bantuan dengan Pemerintahan Desa", ungkap Abdi.

Lebih lanjut Abdi menambahkan berdasarkan laporan yang kami terima, adapun KPM BLT-DD untuk Kabupaten Bengkalis sebanyak 16.273 penerima manfaat. Sedangkan untuk penyaluran tahap I dan IV telah disalurkan 100 persen kepada KPM oleh 136 desa se-Kabupaten Bengkalis, sementara itu untuk penyaluran tahap lima telah disalurkan oleh 112 desa atau 82 persen dan penyaluran tahap enam telah disalurkan oleh 21 desa atau 15 persen.

"Kami secara pribadi selaku Penjabat Bupati Bengkalis maupun Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan terus memantau kegiatan penyerahan BLT DD ini, karena penyaluran BLT-DD harus dilakukan secara tepat, cepat, fokus, terpadu dan sinergis mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah dan Pemerintah Desa", tegas Abdi.

Camat Rupat Utara Agus mengatakan keseluruhan jumlah penerima bantuan BLT-DD di Rupat Utara berjumlah 1.079 KPM.

"Bantuan sosial ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat, dan kami berharap jangan dengan bantuan ini menjadi bermalas-malasan, kepada Kades saat penyaluran bantuan BLT-DD nanti untuk tetap mematuhi Protokol kesehatan, jangan sampai terjadi penumpukan warga", kata Agus.

Baca juga: Bupati Bengkalis salurkan BLT Dana Desa tahap VI di Desa Api-api

Baca juga: Penyaluran BLT Pemprov Riau terkendala data dari daerah

Baca juga: 10.373 KPM terima BLT Dana Desa tahap tiga


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar