Disdukcapil Pekanbaru buka layanan lebih dini antisipasi tahun ajaran baru

id Kadisdukcapil,dukcapil pekanbaru, pekanbaru, ppdb

Disdukcapil Pekanbaru buka layanan lebih dini antisipasi tahun ajaran baru

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Disdukcapil Kota Pekanbaru akan membuka layanan lebih pagi lagi mulai Senin 6 Juli 2020 guna mengantisipasimembludaknya pengurusan administrasi memasuki tahun ajaran baru sekolah.

"Karena masyarakat datang lebih pagi kami akan menyesuaikan mulai Senin depan, petugas sudah siap melayani mulai pukul 06.00 WIB," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru Irma Novrita di Pekanbaru Jumat.

Irma Novrita mengatakan kebijakan ini diambil guna mengurai membludaknya warga yang datang ke Disdukcapil belakangan ini hingga menimbulkan antrian panjang karena tahun ajaran baru. Warga akan dipecah dan diarahkan mengambil di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di kecamatan masing-masing. Sehingga bisa mencegah keramaian dan kerumunan di masa pandemi COVID-19.

Kata dia, layanan yang dibuka lebih pagi itu adalah bagi masyarakat yang hendak mengambil Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja.

"Petugas nantinya akan melakukan pengecekan lebih pagi dan mengarahkan masyarakat untuk pergi ke UPTD di mana KTP itu dikeluarkan," katanya.

Dikatakan dia, memasuki tahun ajaran baru antrean pengurusan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tiap hari membludak. Masyarakatnya datang ke kantor itu mengurus beragam administrasi kependudukan.

Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi karena pengurusan administrasi sudah ada layanan daring.

"Layanan ini ada yang pengajuannya bisa daring seperti perubahan data alamat, status perkawinan tinggal ajukan lewat aplikasi di proses jika syaratnya lengkap," kata dia

Ia menyebut, warga yang harus datang hanya untuk mengambil akta kelahiran, perkawinan, kematian, KTP, serta rekaman itupun harus dibatasi karena masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Disdukcapil Pekanbaru imbau warga tukarkan Suketnya dengan KTP-e. Ini jadwalnya

Baca juga: Pemko Pekanbaru pindahkan layanan kependudukan ke MPP


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar