Cutra Andika pendaftar pertama kembalikan formulir bakal calon Bupati di PAN Rohil

id Pilkada,pilkada rohil, pilkada rohil 2020, cutra andika

Cutra Andika pendaftar pertama kembalikan formulir bakal calon Bupati di PAN Rohil

Cutra Andika mengembalikan formulir pendaftaran sebagai bakal calon Bupati Kabupaten Rohil di Sekretariat DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Rohil, Jumat (20/12/2019) sore. (ANTARA/Dedi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Cutra Andika menjadi kandidat pertama mengembalikan formulir pendaftaran ke DPD Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai bakal calon Bupati Rohil pada pemilihan kepala daerah serentak 2020.

Cutra Andika saat mengembalikan formulir pendaftaran, Jumat (20/12) sore, didampingi istri Lediyana serta segenap pengurus DPC Partai Hanura Kabupaten Rohil.

"Kita berharap PAN dapat mengusung kami nantinya dalam kontestasi Pilkada Rohil 2020, tentunya insya Allah berkoalisi dengan partai yang ada," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Cutra juga menyampaikan visi misinya yang terakhir, yaitu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi yang berkembang.

Cutra menyebutkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rohil 2018, hasil sensus 2017 itu angka kemiskinan di Rohil mencapai hampir 8 persen. "Kalau kita asumsikan dengan jumlah penduduk sekitar 669 ribuan orang, maka setidak-tidaknya minimal di 2017 masyarakat miskin di Rohil itu ada sebanyak 50 ribuan lebih," katanya.

Kemudian, data pengangguran itu ada sebanyak hampir 5 persen. "Kalau kita konversikan dengan jumlah penduduk kita juga, maka setidak-tidaknya di 2017 itu ada 30 ribuan orang pengangguran di Rohil," kata Cutra.

"Itu belum lagi pengangguran angka kemiskinan sebagai dampak dari kebijakan Pemerintah Kabupaten Rohil yang melakukan perumahan terhadap tenaga honorer dan dampak dari defisit anggaran," paparnya.

Oleh karena itu, maka dalam rangka untuk menyongsong Rohil bebas pengangguran dan kemiskinan, ia memiliki program unggulan sesuai misinya adalah UMKM dan Koperasi yang berkembang.

"Pemerintah harus melakukan rekayasa secara sistematis melalui program APBD dan termasuk kerjasama dengan pihak ketiga, dan juga termasuk menggunakan dana CSR. Bagaimana kita merangsang masyarakat kita untuk mengubah mindset mereka, kita dorong masyarakat kita untuk menjadi wiraswastawan/wiraswastawati," jelasnya.

Baca juga: Maju di Pilkada Rohil, ini janji Syafrudin Iput

Kemudian membentuk koperasi terhadap hajat hidup masyarakat banyak terutama di sektor pertanian, perikanan, perkebunan dan juga ketenagakerjaan.

"Kita berkeinginan agar kita punya koperasi minimal di empat sektor itu. Karena koperasi ini adalah ciri khas demokrasi pancasila bagaimana mewujudkan gerakan ekonomi kerakyatan," kata Cutra Andika.

"Dan koperasi-koperasi ini tentunya akan dibina oleh Pemerintah Kabupaten Rohil dengan target khususnya adalah kesejahteraan petani, nelayan, pelaku usaha perkebunan dan juga buruhkita," tambah dia.

Baca juga: Syafrudin Iput kembalikan formulir di Golkar Rohil

Baca juga: Maju di Pilkada Rohil, Afrizal berharap diusung Golkar


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar