Tanoto Foundation ajak Komite Sekolah ikut seminar manajemen berbasis sekolah

id tanoto, diak, RAPP

Tanoto Foundation ajak Komite Sekolah ikut seminar manajemen berbasis sekolah

Suasana seminar oleh Tanoto Foundation (dok Antarariau/19)

Siak (Antaranews Riau) - Tanoto Foundation kembali mengembangkan inovasinya untuk kualitas pembelajaran dengan tahap yang lebih dalam pada awal 2019 ini. Kali ini Tanoto mengajak para komite sekolah, yang mengikuti seminar dengan materi yang diberikan mengacu kepada peran serta masyarakat demi mewujudkan pembelajaran yang bermutu di sekolah.

Ada beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan sejak program itu bergulir di antaranya pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan pembelajaran kepada para guru di Riau, khususnya di Kabupaten Siak. Demikian diungkapkan Dimas Pandista selaku District Coordinator untuk Kabupaten Siak.

"Di 2019 awal Februari ini, kita kembali menggelar kegiatan program pintar yang mana kegiatan tersebut dilaksanakan dari 6 Februari hingga 7 Februari. Dengan para peserta guru, kepala sekolah dan komite sekolah dengan para peserta sebanyak 129 orang se-Kabupaten Siak yang menjadi Mitra Tanoto Foundation," ungkap Dimas, Kamis (7/2) saat acara seminar di Hotel Grand Royal, Siak.

Adapun materi yang diberikan selama Pelatihan Peran Serta Masyarakat itu meliputi identifikasi, manfaat, peran serta masyarakat. Hal itu dalam meningkatkan mutu pembelajaran, mengiventarisasi jenis, peran serta masyarakat, dan mengidentifikasi cara mendorong peran serta masyarakat dalam dunia pendidikan di sekolah.

"Pelatihan peran serta masyarakat ini diharapkan komite-komite sekolah dan masyarakat dapat berpatisipasi dalam pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah-sekolah," ungkapnya.

Sebagai pihak yang penyelenggara, sebut Dimas, Tanoto Foundation tidak hanya sekedar mengkonsep kegiatan dalam bentuk pelatihan biasa berupa materi kelas. Akan tetapi juga diiringi dengan tindak lanjut sebagai upaya implementasi atas semua materi yang disampaikan para fasilitator.

"Setelah pelatihan ini akan ada pendampingan pada Februari nanti. Di mana hasil pelatihan itu langsung kita implementasikan. Kalau tidak tentu, tidak akan ada gunanya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Siak, Lukman mengatakan apabila materi yang diberikan Tanoto Foundation dapat dan benar-benar diterapkan maka sekolah akan lebih maju.

"Materi yang diberikan oleh Tanoto Foundation memang sangat luar biasa, karena kalau benar-benar diterapkan di sekolah tentu akan lebih maju. Karena untuk menjadi sekolah yang lebih maju, maka perlu peran komite, maka kalau semua sudah memperoleh pelatihan sesuai porsinya, maka dapatlah terwujudkan pembelajaran yang bermutu di sekolah," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar