Antisipasi Krisis Air Baku di Musim Kemarau, Ini Persiapan PDAM

id antisipasi krisis, air baku, di musim, kemarau ini, persiapan pdam

Antisipasi Krisis Air Baku di Musim Kemarau, Ini Persiapan PDAM

Bengkalis, (Antarariau.com)- Untuk mengantisipasi krisis air baku di musim kemarau panjang atau El nino yang diprediksi oleh Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bengkalis terus lakukan persiapan.

"Upaya menghadapi kemarau panjang yang diprediksi BMKG ini, tidak beda dengan kekeringan ditahun-tahun sebelumnya, kita tetap lakukan kerjasama dengan PT Meskom untuk mengambil air baku dari kanalnya," kata Plt Dirut PDAM Kabupaten Bengkalis, Muhamad Yunus Zainal, via selulernya Minggu (24/1).

Ia mengatakan, hal yang sama juga akan dilakukan di cabang-cabang PDAM di Kabupaten Bengkalis.

“Seperti PDAM cabang Bukit Batu, untuk mengantisipasi kekeringan air baku, akan menyuplai air dari sungai setempat, sedangkan PDAM cabang Mandau akan menyuplai air baku dari cevron,” ujarnya.

Menurut dia, meskipun saat ini banyak kemudahan untuk mendapatkan air bersih dan air minum seperti air isi ulang ataupun dari PDAM sendiri, masyarakat juga harus berhemat-hemat dalam menggunakan air bersih.

Ia menjelaskan, tetap menghimbau kepada masyarakat untuk menghemat air bersih, kendati kemarau panjang ini diprediksi akan berlangsung hingga 10 bulan.

“kami menghimbau kepada warga kabupaten bengkalis untuk menghemat penggunaan air, Karena air merupakan kebutuhan yang penting dalam hidup kita sehari-hari,” katanya.

(adv)